Pabrik Axioo Bisa Dipakai Vendor Ponsel Asing

Pabrik Axioo Bisa Dipakai Vendor Ponsel Asing Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan
Jakarta – Untuk menggenjot produksi smartphone, tablet, dan PC, PT. Tera Data Indonusa (Axioo) menambah pabrik perakitan menjadi tiga, yang terbaru berlokasi di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Lalu apakah Axioo akan membuka kesempatan bagi vendor asing untuk kerjasama?

Ditemui sesuai peletakan batu pertama, CEO PT. Tera Data Indonusa Samuel Law mengatakan bahwa Axioo terbuka bagi vendor asing yang ingin menjalin kerjasama dengan pihaknya. Hanya saja, untuk saat ini memang belum ada vendor asing yang mendatangi.

“Bisa (kerjasama). Kami terbuka peluang untuk itu. Tapi yang tidak tahu bagaimana regulasi pemerintah ke depannya,” tutur Samuel ditemui detikINET di Cakung, Jakarta Timur, Kamis (8/12/2016) kemarin.

Menurut Samuel, Axioo tidak memberikan syarat khusus apabila ada vendor asing yang ingin bekerjasama. “Yang paling penting ya namanya bisnis itu apabila term and condition-nya cocok, tidak masalah,” ujarnya kemudian.

Pabrik seluas 10.900 meter persegi ini rencananya akan dibuat untuk proses perakitan smartphone Axioo. Di pabrik inilah Axioo akan mulai merakit ponsel 4G untuk memenuhi aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) untuk ponsel 4G sebesar 30% di tahun 2017.

Untuk kapasitasnya sendiri, di tahap awal pabrik ini bisa menghasilkan dua sampai tiga ribu unit ponsel per hari dengan rincian 100 ribu unit per bulannya. Kapasitas ini diharapkan bisa terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Sementara itu menjalin kerjasama dengan pabrik perakitan lokal memang menjadi opsi tersendiri bagi vendor asing untuk memenuhi TKDN. Beberapa vendor asing seperti LG dan Infinix mengandalkan vendor pihak ketiga untuk merakit ponselnya di Indonesia.
(mag/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar