Panduan Lengkap Menggunakan Instagram Stories di iPhone



Instagram resmi merilis fitur baru bernama Instagram Stories untuk membantu kamu berbagi momen secara mudah dan cepat, serta eksklusif. Ya, saya sebut eksklusif karena konten tersebut hanya tersedia selama 24 jam saja semenjak kamu unggah, setelah itu akan hilang.

Apa saja yang harus kamu tahu tentang fitur Instagram Stories, bagaimana cara menggunakan dan tips penting untuk menikmatinya? Yuk simak pengalaman tim MakeMac mencoba Instagram Stories!

Apa Itu Instagram Stories

Instagram Stories adalah fitur untuk berbagi momen seperti kegiatan harian kamu atau hal menarik lainnya kepada para Followers. Tidak seperti mode unggah foto dan video biasa di Instagram yang bisa mengakses galeri di iPhone, fitur ini mewajibkan kamu mengambil gambar atau video secara langsung kemudian unggah.

Perbedaan dan Cara Menggunakan Instagram Stories

Ada dua hal sederhana yang membedakan Instagram Stories dengan mode unggah biasa. Yaitu tidak tampil di timeline Instagram serta profil kamu dan juga konten yang otomatis hilang setelah 24 jam. Bisa dibilang mirip dengan Snapchat ya.

Bagaimana cara menikmati konten di Instagram Stories dari orang yang kamu Follow? Silahkan masuk ke Instagram dan akses tab Home. Lihat deretan ikon bulat pada bagian atas, itu adalah konten Instagram Stories yang dapat kamu tonton. Ikon bulat dengan lingkaran berwarna artinya ada konten yang belum kamu tonton dan bulatan tanpa warna artinya sudah.

Masuk ke mode melihat video, di bagian atas akan tampil beberapa garis yang berarti jumlah video yang dapat kamu tonton. Tekan layar sekali untuk masuk ke video berikutnya serta swipe ke kanan atau kiri untuk melihat video dari pengguna lain di daftar Instagram Stories. Kamu juga bisa menekan tombol Send Message yaitu mengirimkan pesan atau komentar pada pemilik konten yang sedang kamu tonton.

Jangan Hanya Jadi Penonton, Yuk Berbagi Momen!

Di bagian Home, tekan ikon + di kiri atas layar dan tampilan akan berubah ke mode jepret kamera. Silahkan tekan tombol putih di bagian bawah sekali saja untuk mengambil foto atau tekan dan tahan untuk membuat video. Setelah itu masuk mode edit, di bagian ini kamu dapat menambahkan efek garis, teks atau filter foto dan video (swipe ke kiri atau kanan). Setelah selesai, kamu dapat mengunduh konten yang sudah kamu edit atau langsung unggah. Mudah dan cepat kan!

Untuk membuat cerita kamu semakin seru dan lebih bercerita, silahkan rekam momen berikutnya saat kamu butuhkan ya. Caranya tetap sama kok, bedanya video atau foto tersebut akan tampil setelah konten yang sudah ada sebelumnya.

Fitur Tersembunyi

Nah ini adalah beberapa fitur tersembunyi di Instagram Stories yang wajib kamu tahu! Pertama adalah melihat siapa saja yang sudah menonton video kamu. Yaitu masuk ke tab Profile lalu tekan foto profil kamu. Tekan ikon dengan panah menghadap ke atas di bagian bawah layar ya! Tampilan akan berubah seperti gambar di atas.

Di halaman ini kamu dapat melihat siapa saja yang sudah menonton momen yang kamu bagikan, unduh video serta menghapus video. Nah jika kembali ke tampilan mode putar Instagram Stories, kamu dapat menekan tombol lainnya di bagian bawah untuk cara cepat menggunakan fitur lain. Yaitu menghapus, simpan, bagikan sebagai posting atau Story settings.

Mode Story settings ini wajib untuk dipahami. Di bagian ini pengguna dapat menyembunyikan cerita yang dibagikan dari akun yang kamu pilih serta mengatur mode Messages seperti mematikan fitur tersebut untuk semua orang, membuatnya tersedia untuk orang yang kamu Follow saja atau membukanya.


Siapa Saja Bisa Menggunakan Instagram Stories!

[embedded content]

Introducing Instagram Stories from Instagram on Vimeo.

Kamu bisa menggunakan Instagram Stories untuk berbagi beragam momen atau kegiatan yang seru dalam waktu terbatas. Contohnya seorang fotografer yang sering berbagi karya fotonya di akun Instagram, silahkan gunakan fitur Stories untuk bercerita tentang tips memotret, pengalaman seru dari sebuah foto atau hal lainnya.

Atau mungkin kamu seorang pecinta kegiatan liburan dan sering berbagi foto serta video tentang keindahan alam di tempat baru? Nah Instagram Stories juga cocok untuk kamu gunakan! Contohnya adalah berbagi momen secara langsung dari tempat baru yang kamu kunjungi, suasana di tempat wisata yang riuh ramai atau beragam hal lainnya. Nanti setelah selesai dari liburan, kamu bisa deh unggah foto atau video terbaik yang kamu buat dengan cara biasanya di Instagram. Gimana, seru ya! Atau mungkin kamu punya ide lain?

Sudah Mencoba Instagram Stories?

Apakah kamu sudah mencoba Instagram Stories? Konten apa yang ingin segera kamu bagikan atau sudah menemukan fitur lain yang belum saya bahas di atas? Bagikan di kolom komentar ya!

Download Instagram · Harga: Gratis


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar