Pembayaran Hutang Pajak Apple di Irlandia Sudah Jatuh Tempo Sebulan

Apple Irlandia

Jatuh tempo pembayaran hutang pajak berlaku surut Apple belasan miliar Euro yang dituduhkan Komisi Eropa pada pertengahan tahun kemarin dikabarkan sudah melewati batas akhir yang ditetapkan.

Laporan terbaru dari Business Insider menyebutkan bahwa Apple melewati batas waktu pembayaran pajak sebesar €13 miliar kepada pihak ketiga yang ditunjuk Komisi Eropa. Jatuh tempo pembayaran adalah tanggal 3 Januari 2017 lalu.

Komisi Eropa seperti diketahui sudah lama melakukan pengusutan mengenai adanya dugaan bahwa Apple menerima bantuan pajak ilegal dari pemerintah Irlandia selama 11 tahun dari tahun 2003–2014.

Pada pertengahan tahun lalu tepatnya akhir Agustus 2016, mereka pun mengeluarkan putusan yang isinya menuduh Apple mendapatkan keuntungan ilegal dari pajak yang ditetapkan pemerintah Irlandia. Dalam pengusutannya, Apple dituduh membayar pajak 0,005 persen atau $50 dari setiap keutungan $1 juta dolar.



CEO Apple Tim Cook menanggapi putusan Komisi Eropa. Dengan cukup geram, dia mengatakan putusan tersebut adalah omong kosong politik belaka dan tidak ada dasar hukumnya. Faktanya, tingkat pajak di Irlandia adalah 12,5 persen dan Apple diklaim sebagai perusahaan pembayar pajak paling besar di sana yakni mencapai $400 juta di Irlandia.

Apple dan pemerintah Irlandia masing-masing sudah mengajukan banding mengenai tuduhan Komisi Eropa. Proses hukumnya sendiri belum sepenuhnya dimulai. Jadi permintaan mengenai batas waktu pembayaran pajak tersebut tidak masuk akal karena Apple belum terbukti bersalah.






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar