Pengguna Nexus 6P Keluhkan Penyakit Bootloop

Pengguna Nexus 6P Keluhkan Penyakit BootloopFoto: detikINET/Achmad Rouzni Noor Ii
Jakarta – Setelah didera bermacam penyakit seperti baterai boros dan mati mendadak, kini ada sebuah masalah baru di Nexus 6P, yaitu bootloop.

Masalah ini diketahui dari forum Reddit, di mana di forum tersebut ada sebuah thread yang khusus membahas masalah Nexus 6P. Di dalamnya, sejumlah pengguna ponsel buatan Huawei itu mengeluhkan ponselnya yang nge-freeze dan terus-menerus mengalami bootloop.

Beberapa di antara orang yang mengeluhkan masalah itu menyebut berhasil masuk ke dalam recovery mode, namun banyak juga yang belum bisa memperbaiki ponselnya itu, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (27/12/2016).

Bootloop adalah kejadian di mana perangkat Android tak bisa masuk ke dalam sistem operasi. Masalah ini bisa dilihat dari ponsel yang gagal dinyalakan dan hanya menampilkan logo Android atau Google secara berulang-ulang.

Masalah bootloop ini ternyata bukanlah hal baru, dan Google sudah mengakui adanya penyakit ini sejak tiga bulan yang lalu. Menurut mereka, bootloop ini terjadi karena adalah masalah di segi hardware.

“Kami mengetahui ada sejumlah kecil pengguna yang mengalami masalah bootloop pada perangkatnya. Kami terus menginvestigasi situasi ini, namun bisa mengkonfirmasi hal ini hanya terjadi karena masalah terkait hardware,” tulis Google dalam laman forumnya.

Untuk mengatasi hal ini, Google menyarankan pengguna Nexus 6P yang mengalami bootloop untuk menghubungi tempat pembelian ponselnya untuk memperbaiki ponselnya, dan mengklaim garansi.

Pasalnya, kebanyakan tindakan yang bisa dilakukan sendiri oleh pengguna disebut tak bisa mengatasi masalah bootloop ini. Tindakan-tindakan tersebut antara lain adalah membersihkan cache, factory reset, ataupun sideload factory images OS.

Ditambah lagi, masalah bootloop ini kabarnya semakin parah setelah Google merilis pembaruan Android 7.1.1 Nougat ke Nexus 6P. Hal ini cukup membingungkan, karena Google mengklaim bootloop ini terjadi karena masalah hardware.
(asj/yud)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar