Pengguna Windows 10 Bajakan Bakal Direcoki "Watermark"

Microsoft Tampilan browser Edge di Windows 10

KOMPAS. com – Sempat beredar kabar bahwa Microsoft bakal menyediakan sistem operasi terbarunya, Windows 10, secara gratis untuk semua pengguna Windows 7 dan Windows 8, termasuk yang memakai versi bajakan. Tapi informasi tersebut kemudian dibantah lewat sebuah klarifikasi.

Belakangan, Microsoft kembali memperjelas apa yang bakal terjadi jika pengguna Windows 7 atau Windows 8 bajakan coba-coba memasang Windows 10.

“Saat kami tidak bisa memverifikasi bahwa Windows 10 di sebuah perangkat telah dipasang, dilisensi dengan benar, dan tidak diutak-atik, kami akan menampilkan watermark di desktop untuk mengingatkan pengguna,” tulis Microsoft dalam sebuah posting blog.

Artinya, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Neowin (17/5/2015), pengguna Windows 10 yang berangkat dari Windows 10 bajakan bakal terus menerus diingatkan soal status non-asli dari sistem operasinya melalui semacam tanda watermark.

Microsoft belum menunjukkan seperti apa bentuk dan dan di mana letak watermark Windows 10 nantinya. Pada versi-versi windows terdahulu, watermark diletakkan di pojok kanan bawah layar desktop dan berbunyi “Ini bukan copy Windows asli”.

Tapi Microsoft tak akan benar-benar meninggalkan pengguna bajakan. Dalam posting blog yang sama, raksasa software ini menyatakan bakal terus memberi “tawaran upgrade Windows 10 yang sangat menarik ” untuk pengguna Windows non-asli.

Namun, seperti halnya watermark, “tawaran menarik” ini pun masih belum dirinci dengan jelas.



About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply