Pengguna YouTube Keluhkan “Restricted Mode” yang Aktif Mendadak

Photo by. Pexels1
Photo by. Pexels

Apakah kamu tidak dapat mengakses sejumlah video atau fitur komentar di YouTube untuk perangkat komputer atau mobile device secara mendadak? Masalah ini dikeluhkan oleh sejumlah pengguna YouTube di Indonesia, khususnya lewat akses perangkat mobile dengan koneksi internet dari beberapa operator selular.

Dikutip dari laman Kompas Tekno, hal ini terjadi karena kebijakan baru dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Awal Agustus lalu, Kominfo bersama Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) memang mengumumkan akan melakukan uji coba penapisan gambar bermuatan negatif menggunakan fitur safe search.

Sesuai dengan kutipan di atas, mode pembatasan yang dialami oleh sejumlah pengguna ini, diyakini terjadi karena fitur Safe Search dari Kominfo yang sedang dalam masa uji coba.



Sebagai keterangan tambahan, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika, Semuel A. Pangerapan juga menjelaskan bahwa beberapa operator melaporkan inisiatif untuk penapisan gambar yang bermuatan pornografi (SafeSearch) di fitur pencarian website seperti Google. Samuel juga menambahkan bahwa mode filtering gambar tersebut tidak terjadi di fitur mesin pencarian seperti Google, namun pada penyedia jasa internet alias ISP.

Kompas Tekno juga menjelaskan bahwa pengguna bisa mematikan pengaturan pembatasan tersebut dengan beberapa cara. Mulai dari menghapus cache YoTube lalu login kembali, mengganti APN menjadi ‘internet’, atau hubungi layanan konsumen dari operator yang kamu gunakan.

Apakah ada Sahabat MakeMac yang mengalami kendala akses YouTube dalam uji coba pemberlakuan Safe Search oleh Kominfo? Bagikan di kolom komentar ya!




About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply