Penjualan Komputer Akhirnya Bertumbuh

Jakarta – Sejak kehadiran smartphone dan tablet, penjualan komputer mengalami penurunan. Tapi kini, penjualan komputer mulai mengalami kenaikan.

Lembaga riset Gartner baru saja merilis laporan pengapalan komputer secara global pada kuartal kedua 2018. Tercatat sebanyak 62,1 juta unit PC dikapalkan.

Angka tersebut naik 1,4% dari periode yang sama tahun lalu. Kondisi ini pertama kali terjadi setelah enam tahun. Terakhir kali pasar komputer mengalami pertumbuhan pada kuartal pertama 2012. Melihat pertumbuhan ini Gartner menilai sebagi tanda pasar yang mulai stabil.

“Pertumbuhan pengiriman komputer pada kuartal kedua 2018 didorong oleh peningkatan permintaan di pasar bisnis, yang diimbangi dengan penurunan pengiriman di segmen konsumen,” kata Mikako Kitagawa, analis utama di Gartner yang dikutip dari laman resminya,Jumat (13/7/2018).

“Di segmen konsumen, terjadi perubahan dalam perilaku pengguna PC dan ini terus berdampak pada pertumbuhan pasar. Konsumen menggunakan ponsel cerdas untuk tugas yang lebih banyak sehari-hari, seperti memeriksa media sosial, kalender, perbankan dan belanja, yang mengurangi kebutuhan untuk komputer konsumen,” imbuhnya.

Penjualan PC Mengalami Pertumbuhan Setelah 6 TahunFoto: Gartner

Selanjutnya siapa yang kemudian jadi raja penjualan komputer di kuartal kedua 2018? Dia adalah Lenovo dengan pengapalan mencapai 13,6 juta yang membuatnya punya pangsa pasar 21,9%.

Diikuti HP yang mengapalkan 12,5 juta unit. Ini membuatnya punya market share 21,9%. Posisi selanjutnya secara berurut ditempati Dell, Apple dan Acer.

Dell mampu mengapalkan 10,5 juta unit dengan market share 16,8%. Sementara Apple bisa menjual 4,5 juta unit dengan pangsa pasar 7,1%. Lalu Acer dengan pertumbuhan 3,97 juta unit dengan pangsa pasar 6,4%.

(afr/asj)


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply