Penjualan Komputer Mac Menurun di Q3 2018, Apa Sebabnya?

Pengiriman produk komputer Mac dikabarkan mengalami penurunan untuk kuartal ketiga tahun 2018. Angka ini didapatkan oleh Gartner berdasarkan perkiraan pengiriman yang dihimpun dari sejumlah sumber.

Dapat kamu lihat dalam tabel di bawah, Apple mengirim dan menjual sekitar 4.9 juta komputer Mac sepanjang Q3 2018. Angka ini cukup menurun jika dibanding Q3 tahun 2017 yaitu 5.4 juta produk Mac. Angka Market Share untuk produk Mac juga mengalami penurunan dari 8% menjadi 7.3%.

Melihat para pesaingnya, Lenovo adalah merek komputer yang paling laris pada Q3 2018 ini. Mereka menjual 15,8 juta produknya dengan 23,6 Market Share, pertumbuhannya adalah 10.7%. Peringkat kedua adalah HP dengan 14, 6 juta produk terjual, 21,8% Market Share dan pertumbuhan 6.2%.



Apa penyebab penurunan penjualan Mac di Q3 2018? Menurut beberapa pengamat, hal ini terjadi karena tidak banyak produk Mac yang mendapatkan update sepanjang 2018. Hanya ada MacBook Pro 2018 saja, tanpa ada iMac, MacBook Air, dan MacBook 12 inci atua Mac Mini baru sepanjang tahun.

Masih dari catatan yang sama, angka yang tidak jauh berbeda juga terjadi di penjualan komputer Mac dalam pasaran Amerika Serikat. Penurunannya ada di sekitar 7,6. Ketiga merek lain yang mendapatkan penjualan lebih tinggi di pasaran Amerika Serikat adalah HP, Dell dan Lenovo.

Bagi kamu yang belum tahu, kabarnya Apple akan mengadakan Apple Event Oktober 2018. Rumornya ada produk Mac baru yang akan dikenalkan, bersama dengan iPad Pro yang menggunakan Face ID, Apple Pencil 2 hingga AirPods baru.


Source :

gartner



Sumber : Makemac.com

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply