Perang Paten, Apple Setop Jualan Produk Nokia

Perang Paten, Apple Setop Jualan Produk NokiaFoto: dok. Withings
Jakarta – Memanasnya perang hak patennya dengan Nokia membuat Apple menghentikan penjualan produk-produk Withings yang dimiliki Nokia, baik dari toko offline mau pun dari toko online-nya.

Jajaran perangkat Withings ini adalah perangkat wearable kesehatan, seperti Body Cardio Scale, Smart Body Analyzer dan Wireless Blood Pressure Monitor. Semua perangkat yang sebelumnya bisa ditemui di Apple Store ini kini tak lagi bisa dibeli dari toko-toko tersebut.

Withings adalah produsen perangkat wearable yang diakuisisi Nokia pada musim semi 2016 lalu. Mahar yang dibayar oleh Nokia dalam akuisisi ini adalah USD 192 juta, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (26/12/2016).

Withings sendiri kemudian diintegrasikan ke dalam divisi Digital Health Unit milik perusahaan asal Finlandia tersebut. Seperti diberitakan sebelumnya, Nokia menggugat Apple akibat melanggar paten miliknya. Tak hanya satu atau dua paten tuduhan pelanggaran paten yang dilakukan Apple, tapi hingga 32 paten sekaligus.

Kabarnya sejumlah teknologi yang digunakan Apple di produknya merupakan temuan Nokia, namun Apple tak mau melakukan pembayaran lisensi penggunaannya. Nokia mengaku telah melakukan sejumlah pembicaraan dalam beberapa tahun belakangan untuk menyelesaikan persoalan penggunaan paten oleh Apple.

Namun sampai sekarang belum menemukan titik temu, sehingga Nokia memutuskan menggunakan jalur hukum. Demi memuluskan tuntutannya terhadap Apple, pengajuan gugatan tak akan dilakukan lewat pengadilan di Amerika Serikat. Produsen Finlandia ini juga disebut akan mengajukan hal yang sama di pengadilan di Eropa.
(asj/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar