Persiapan UN Berbasis Komputer, Siswa Dilatih Internet Sehat

Surabaya – Menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) Tahun 2017, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menggelar pelatihan internet sehat. Pelatihan tersebut menggandeng Telkom Divisi V Jawa Timur.

“UNBK Tahun 2017 ini 100 persen menggunakan perangkat komputer,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Saiful Rahman di sela acara Pelatihan Internet Sehat dan Jurnalis Sehat untuk SMA/SMK se Surabaya di Auditorium Telkom Divisi V Jawa Timur, Jalan Ketintang, Surabaya, Senin (30/1/2017).

“Dengan diadakannya pelatihan internet sehat diharapkan dapat mempermudah para siswa untuk membiasakan diri mempergunakan komputer dalam menghadapi UNBK,” jelasnya.

Pelatihan internet sehat itu dibuka Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. Wagub yang akrab disapa Gus Ipul menerangkan, jumlah pengguna internet dalam kurun waktu dua tahun mendatang diperkirakan mencapai 140 juta orang. Sebagian besar pengguna internet berusia produktif antara 10 hingga 44 tahun terdiri dari pekerja, mahasiswa, dan pelajar.

“Sudah saatnya semua mulai membangun kesadaran bahwa internet harus digunakan untuk kegiatan positif,” kata Gus Ipul.

“Membangun kesadaran penggunaan internet dengan benar dan sehat harus kita lakukan sejak dini yakni, sejak anak mulai bersentuhan dengan dunia internet,” terangnya.

Wagub mengingatkan, penggunaan internet memiliki nilai positif dan negatif. Untuk meminimalisir sisi negatif, diperlukan kesadaran dari personal masing-masing.

“Kita perlu saling belajar untuk menggunakan internet dengan bijak hingga kita arahkan agar bisa melihat sisi positifnya,” tandasnya.

Sementara itu, Deputy EGM Telkom Divisi V Jawa Timur Djatmiko menerangkan jumlah siswa di Indonesia sebanyak 58 juta, sedangkan di Jawa Timur sekitar 4 juta. Katanya, dengan adanya pelatihan internet sehat diharapkan para siswa dapat menggunakan internet secara benar.

“Internet bagaikan pedang bermata dua. Artinya bila digunakan secara benar, akan bermanfaat. Tapi bila dilakukan tidak benar, akan merusak pemakai internet,” jelasnya sambil menambahkan, pelatihan internet sehat ini akan dilakukan secara bertahap di seluruh Jawa Timur. (roi/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar