Perusahaan Software Ini Tuntut Apple Karena Istilah “iWatch” di Google

Apple Watch

Apple tidak memberi nama Apple Watch dengan “iWatch”. Meski begitu, beredarnya nama iWatch di mesin pencarian Google mengusik perusahaan pengembang perangkat lunak asal Dublin, Irlandia, bernama Probendi tetap menuntut sang pembuat perangkat arloji dengan nama Apple Watch.

Berdasarkan edaran dokumen pengadilan di Milan seperti dilansir Bloomberg, Probendi telah mengirimkan peringatan kepada Apple sejak setahun lalu. Namun Apple tidak menggubrisnya. Apalagi Google menyatakan tidak bertanggung jawab atas tautan-tautan iWatch yang merujuk ke laman Apple Watch dan iklan-iklannya.

Probendi, an Irish software development studio, filed an urgent procedure on June 26 with a court in Milan protesting Apple’s use of the term in its ads, according to the tribunal filing obtained by Bloomberg. “Apple has systematically used iWatch wording on Google search engine in order to direct customers to its own website, advertising Apple Watch,” the document says.

Probendi menuntut kerugian sebanyak $97 juta atau Rp122 milyar karena penggunaan istilah “iWatch” yang banyak beredar di situs pencarian Google sebelum Apple Watch meluncur pada akhir April silam.

Ternyata Probendi saat ini tengah mengembangkan smartwatch berbasis Android Wear dan dengan harga murah untuk bersaing dengan Apple Watch. Bisa kamu tebak, Probendi menyematkan nama “iWatch” buat perangkat smartwatch yang akan segera mereka luncurkan. Rencananya, pengadilan akan mengadakan sidang dengar pada tanggal 11 November mendatang.


Baca juga:


Kasus serupa sebelumnya pernah terjadi dengan merek dagang iPad di Tiongkok pada 2012 silam. Kala itu, Apple harus mengeluarkan dana hingga $60 juta untuk menyelesaikan sengketa merek dagang iPad.

Apple tidak memiliki nama “iWatch”, jadi tuntutan itu tampak sangat absurd dan dibuat-buat untuk mendapatkan uang dari Apple. Apalagi produk “iWatch” mereka belum ada di pasaran sama sekali.


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar