Petani Jambu Biji di Bojonegoro Temukan Fosil Gading Purba | Tempo Teknologi

Jum’at, 30 Oktober 2015 | 23:01 WIB


Petani Jambu Biji di Bojonegoro Temukan Fosil Gading Purba

Fosil gading gajah purba (Stegodon trigono chepalus), yang ditemukan di Situs Patiayam, Kabupaten Kudus, Jateng. TEMPO/Budi Purwanto

TEMPO.CO, Bojonegoro – Ali Fitron, 58 tahun, petani jambu biji asal Desa Mayanggeneng, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menemukan fosil gading gajah purba, dikebunnya, pekan ketiga Oktober 2015. Fosil itu ditemukan berupa batu berserakan yang setelah diteliti ternyata tulang.

“Penemuan fosil itu saat Ali mencangkul di kebun jambu miliknya,” kata Camat Kalitidu Nanik Lusetiani yang sempat dihubungi Ali Fitron, Jumat 30 Oktober 2015.

Dari potongan-potongan tulang yang berbentuk seperti batu tersebut setelah disusun panjang 1,4 meter dengan diameter 15 centimeter. Duagaanya fosil gading ini milik gajah purba species Stegodon Trigonocephalus dan pernah hidup di sepanjang Sungai Bengawan Solo, di Bojonegoro. Jenis gajah ini diperkirakan pernah hidup sekitar 250 tahun silam.

Menurut Nanik Lusetiani, Ali Fitron sempat menawarkan agar fosil gading tersebut disimpan pihak Kecamatan. “Saat itu saya ditawari, tapi belum saya respon,” ujarnya.

Kepala Museum 13 Kalitidu, Harry Nugroho menduga fosil tersebut memang milik gajah purba. Namun, kata Harry, fosil tersebut kemungkinan sebagian potongan dari gading yang diduga mencapai di atas 3 meter. “Kami merujuk penemuan gading gajah purba dengan panjang 3,7 meter dan ditemukan di Desa Tinggang, Kecamatan Ngraho satu tahun silam,” kata Harry yang mengusulkan perlunya ada proses penggalian lanjutan di sekitar lokasi penemuan.

Menurut Harry, fosil gading gajah purba ini, ditemukan berada pada lapisan Qal (Aluvium) atau endapan permukaan yang diperkirakan berusia 300.000 – 10.000 tahun silam. Makanya untuk program ini, Harry, akan menghubungi beberapa arkeolog dari Institut Teknologi Bandung.
“Kemungkinan kami akan kerjasama dengan mereka,” ujar Harry. Dia menyebut, kawasan pinggir Sungai Bengawan Solo, banyak tersimpan fosil-fosil purba yang hidup ratusan tahun silam.

SUJATMIKO

About The Author

Profile photo of Tempo

www.tempo.co adalah portal berita online dan offline yang terkenal dengan beritanya yang 'berani' dan menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan dengan investigasi yang terkenal 'tajam'.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar