'Pixel adalah Ponsel dengan Kamera Terbaik yang Pernah Dibuat'

Pixel adalah Ponsel dengan Kamera Terbaik yang Pernah DibuatFoto: The Verge
Jakarta – Google resmi mengumumkan penerus Nexus dengan sebutan Pixel. Namun selain ponselnya sendiri, hal yang tak kalah menarik dari ponsel anyar Google ini adalah kameranya yang disebut terbaik yang pernah ada.

“Ponsel dengan kamera terbaik yang pernah dibuat,” ujar Brian Rakowski yang menjabat sebagai kepala product management Pixel. Bukannya tanpa alasan Rakowski berkata demikian, klaim ini semata-mata berdasarkan skor yang ditorehkan oleh DxOMark.

Mengacu pada DxOMark, kamera yang terbenam di Pixel memperoleh skor sebesar 85. Angka ini merupakan skor tertinggi yang pernah dicetak oleh kamera ponsel. Itu sebabnya Rakowski pede menyebut kamera Pixel sebagai yang terbaik saat ini.

‘Zero shutter lag’ juga jadi hal yang ditekan Rakowski ada kamera Pixel. Singkatnya, pengguna tidak akan diganggu delay sesaat setelah shutter ditekan. Sekali tekan, seketika itu juga kamera Pixel akan melakukan jepretan.

“Kamera kami (Pixel-red) bisa menangkap momen lebih cepat dari sejumlah kamera ponsel yang kami uji,” imbuhnya.

'Pixel adalah Ponsel dengan Kamera Terbaik yang Pernah Dibuat'

Peningkatan lainnya juga hadir di sektor perekam video. Pixel dipastikan punya video stabilization. Keuntungannya adalah pengguna bisa tetap mendapatkan hasil rekaman yang fokus meski ketika perekaman diambil dalam kondisi bergerak.

Cara kerja video stabilization sejatinya sama dengan Optical Image Stabilization (OIS). Yang membedakan kalau OIS berguna ketika memotret, maka video stabilization bakal sangat membantu dalam perekaman video. Apalagi sekarang ini tak sedikit pengguna yang melakukan perekaman video secara spontan, sehingga video stabilization diyakini akan sangat membantu.

Bahkan untuk membuktikannya Google memamerkan perbandingan sebuah video ketika direkam tanpa video stabilization dan menggunakannya. Google mengklaim dalam pengujiannya kamera Pixel sengaja digoyangkan sebanyak 200 kali per detik untuk membuktikan kemampuan video stabilization yang diusungnya.

Dan terbukti, hasil rekaman tetap fokus meski ketika kamera Pixel digoyang-goyangkan.

'Pixel adalah Ponsel dengan Kamera Terbaik yang Pernah Dibuat'Foto: The Verge

Ada satu lagi yang menarik. Jangan kuatir kehabisan penyimpanan bagi pengguna yang gila foto-foto menggunakan Pixel. Sebab dipastikan Google memberikan penyimpanan cloud tak terbatas untuk penggunanya. Lebih gilanya lagi, foto yang disimpan juga tak akan di-compress kualitasnya alias full resolution.
(yud/asj)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar