Polisi Gerebek Pabrik Perakitan iPhone Palsu di Tiongkok

Pabrik

Sebuah pabrik perakitan perangkat iPhone palsu di Tiongkok yang sebagian di antaranya terjual hingga ke Amerika Serikat berhasil digerebek oleh satuan kepolisian Beijing belum lama ini.

Dalam penggerebekan seperti dilaporkan Reuters, polisi berhasil menangkap setidaknya 9 orang pelaku yang memproduksi puluhan ribu iPhone palsu di pabrik yang disamarkan menjadi toko servis peralatan elektronik.

Police arrested nine people, including a married couple who led the operation, after a raid in May on the factory, run under the guise of a gadget maintenance shop on the northern outskirts of the Chinese capital.

Sekitar 41.000 unit iPhone palsu berhasil diamankan oleh polisi dalam penggeberekannya. Nilainya pun sungguh fantastis, yaitu ditaksir mencapai hingga 120 juta Yuan atau setara dengan $19 juta.

Identitas utama para pelaku pembuat iPhone palsu diketahui adalah sepasang suami istri dengan nama belakang Yu dan Xie. Keduanya berasal dari wilayah Shenzhen dan masing-masing berumur 43 tahun dan 40 tahun. Mereka mendirikan pabrik iPhone dengan 6 fasilitas perakitan iPhone palsu.


Baca juga:


Penggerebekan terhadap pabrik iPhone palsu oleh kepolisian Tiongkok sebenarnya terjadi pada Mei silam atas temuan pihak berwenang AS yang menemukan penjualan iPhone palsu dari Tiongkok. Namun biro keamananan masyarakat setempat baru mengungkapkannya pada Minggu lalu.

Pemalsuan iPhone di Tiongkok bukan hal baru. Begitu populernya iPhone dan minimnya perlindungan hak intelektual di negeri Tirai Bambu itu mendorong pihak yang tak bertanggung jawab untuk memalsukannya.

Bukan hanya iPhone saja, bahkan gerai Apple Store di kota Kunming pernah menjadi sasaran untuk dipalsukan pada 2011 silam. Kala itu, baik bagian dalam dan luar Apple Store termasuk seragam para pegawainya dilaporkan sama persis seperti Apple Store asli.


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar