Ponsel Perlu Drive Mode demi Cegah Kecelakaan

Ponsel Perlu Drive Mode demi Cegah KecelakaanFoto: GettyImages
Jakarta – Penggunaan ponsel saat menyetir sangat membahayakan karena bisa mengganggu konsentrasi pengendaranya. Namun, masih ada saja pengemudi yang nakal tetap menggunakan ponsel saat menyetir.

Untuk mencegah hal itu, pemerintah Inggris ingin membuat semacam ‘Airplane Mode’ pada ponsel yang digunakan ketika pemilik ponsel itu sedang mengemudi. Hal ini dipecaya bisa membantu konsentrasi pengemudi karena tidak terganggu dengan panggilan telepon atau pesan teks.

Diberitakan The Guardian, Rabu (28/12/2016), sebuah ponsel memerlukan mode ‘Drive Safe’ yang serupa dengan ‘Airplane Mode’. Namun, Mode Drive Safe tetap bisa digunakan untuk menelepon panggilan darurat.

Mode ini kemungkinan bisa memblokir ponsel secara otomatis menggunakan GPS jika mobil berjalan pada kecepatan tertentu. Jika ada yang tetap menggunakan ponsel saat mengemudi, maka mereka akan dikenakan denda senilai 200 pound (Rp 3,3 juta).

Mengemudi sambil bermain ponsel sudah menjadi tindak ilegal di Inggris sejak akhir 2003. Namun, pengendara masih saja ada yang mengemudi sambil bermain ponsel.

Laboratorium Penelitian Transportasi mengungkapkan, pengemudi yang menggunakan ponsel memiliki waktu reaksi 30% lebih lambat.

“Menurut penelitian pengemudi yang menggunakan ponsel memiliki risiko kecelakaan empat kali lebih besar dibandingkan pengemudi yang tidak terganggu (dengan ponsel). Teknologi yang ada bisa mematikan ponsel ketika mereka berada di balik kemudi,” kata Direktur road safety charity Brake, Gary Rae.
(rgr/jsn)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar