PS4 Laku 36 Juta Unit, Xbox One Cuma 18 Juta

PS4 Laku 36 Juta Unit, Xbox One Cuma 18 Juta
Jakarta – Sony dengan bangga mengumumkan perangkat game konsol andalannya, PlayStation 4 sukses terjual 36 juta unit di akhir 2015. Sayangnya, angka ini tak berhasil diimbangi Xbox One,┬ákompetitor terdekatnya yang lahir bersamaan 2013 lalu.

Mungkin karena penjualannya tertinggal terlalu jauh, Microsoft hingga kini belum mau bicara blak-blakan bila ditanya berapa total unit Xbox One yang terjual. Namun demikian, angka ini berhasil diperoleh ZD Net dari Mary J Foley melalui sumbernya.

Ia mengatakan bahwa hingga akhir 2015 lalu Microsoft sudah menjual 18 juta unit Xbox One di seluruh dunia. Kabar tersebut Ia umbar dalam sebuah program online Windows Weekly.

Total penjualan tersebut didapat ketika membahas jumlah pemakaian Windows 10 yang kini telah terinstal di total 200 juta perangkat. Sebagaimana diketahui, Xbox One sendiri menjadi salah satu perangkat yang berjalan di Windows 10, terhitung update pada bulan November 2015 lalu.

Juru bicara Microsoft sendiri membenarkan bahwa 200 juta itu merupakan jumlah perangkat yang aktif dalam 28 hari terakhir, walaupun belum jelas apa maksudnya. Foley pun menambahkan jika 200 juta tersebut terbagi menjadi 180 juta untuk PC, kurang lebih satu juta untuk Windows 10 phone, dan sisanya 18 juta untuk Xbox One.

Kalaupun angka 18 juta Xbox One aktif tadi benar, maka penjualan bisa saja mencapai angka yang lebih tinggi. Mengingat, sangat tidak masuk akal bagi seseorang yang tidak bermain pada saat 28 hari tadi.

Sementara sang kompetitor, PlayStation 4 menutup tahun 2015 dengan angka penjualan 36 juta. Angka tersebut didapat setelah penambahan penjualan di sepanjang musim libur akhir tahun sebesar 5,7 juta.

Beberapa waktu yang lalu Executive Xbox Phil Spencer pernah mengakui bahwa kempemimpinan Sony yang besar tidak mungkin bisa dikejar oleh Microsoft.


(mag/rou)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply