Qualcomm Kapalkan 1 Miliar Chip Internet of Things

Las Vegas

Dunia tengah memasuki era benda-benda yang terkoneksi internet atau Internet of Things (IoT). Qualcomm sebagai salah satu pelaku utamanya menyatakan bahwa mereka telah mengapalkan lebih dari 1 miliar chip untuk keperluan Internet of Things.

Hal itu dikatakan oleh Raj Talluri, Senior Vice President of Product Management Qualcomm di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2017 yang tengah dihelat di jantung kota Las Vegas. Ia juga menambahkan bahwa teknologi mobile akan memicu dengan pesat perkembangan IoT.

“Kami memiliki skala besar. Kami meluncurkan lebih dari 1 miliar produk mobile per tahunnya,” sebut Raj dalam konferensi pers Qualcomm yang turut dihadiri detikINET.

Semiliar chip IoT besutan Qualcomm tersebut digunakan di berbagai macam perangkat terkoneksi, dari televisi sampai bermacam sensor. Dia menggarisbawahi bahwa tablet dan smartphone tidak dihitung Qualcomm sebagai perangkat IoT.

Di bisnis perangkat wearable, Raj menyatakan Snapdragon digunakan di lebih dari 80%smartwarch Android Wear yang beredar. Adapun prosesor Snapdragon 835 yang akan segera diluncurkan, bakal dipakai pertama kali di kacamata augmented reality bernama ODG R-8 dan R-9.

Perangkat lain di luar smartphone yang akan memakai Snapragon 835 adalah Mattel Aristotle besutan perusahaan Mobi. Sebuah perangkat yang mirip dengan Amazon Echo, tapi pasarnya mengincar anak-anak. Menggunakan perintah suara untuk memutar musik dan fungsi lainnya.

Snapdragon 835 sendiri saat ini sedang dalam proses produksi massal bekerja sama dengan Samsung. Prosesor powerful tersebut kemungkinan akan mulai dipakai di beberapa smartphone high end pada paruh pertama tahun 2017 ini.

(fyk/yud)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar