Qualcomm Unjuk Kekuatan Snapdragon 835

Las Vegas – Snapdragon 835 adalah prosesor terkuat yang segera diluncurkan Qualcomm dan dipastikan jadi otak sebagian besar smartphone flagship yang edar tahun ini.

Di ajang Consumer Electronic Show di Las Vegas dan dihadiri langsung detikINET, Rabu (4/1/2016), Qualcomm pun memamerkan kekuatan Snapdragon 835.

Keith Kressin selaku Senior Vice President Qualcomm menerangkan Snapdragon 835 dibuat dengan proses 10 nanometer FinFet. Atau dengan kata lain, prosesor tersebut lebih kompak dibandingkan Snapdragon 821 yang dibuat dengan proses 14 nanometer.

Kressin menjelaskan bahwa arsitektur baru itu memiliki ruang 30% lebih lapang. Sehingga memungkinkan desain smartphone yang memakainya menjadi kian ramping serta kapasitas baterai lebih besar.

Kelebihan Snapdragon 835 oleh Qualcomm diringkas menjadi lima bagian utama. Yaitu keawetan baterai, immersion (augmented reality/virtual reality), kamera, konektivitas serta sekuriti.

Snapdragon 835 dijanjikan menambah keawetan baterai sampai 2,5 jam serta 25% penurunan konsumsi daya. Membuat pemakaian virtual reality, streaming 4K dan layanan teknologi masa depan lainnya di smartphone bisa lebih bertahan lama.

Qualcomm memang menilai virtual reality atau augmented reality akan ngetren di masa depan. Membuat Snapdragon 835 dioptimalkan untuk mendukung teknologi tersebut.

Lalu isi ulang baterai atau quick charging menjadi lebih cepat. Di mana misalnya isi ulang hanya 5 menit dapat memberikan waktu bicara sampai 5 jam.

Keunggulan Snapdragon 835 lainnya yang coba diketengahkan adalah di sektor kamera. Performa zoom, image stabilization, autofocus sampai low light ditingkatkan kemampuannya.

Dapat pula mendukung dengan optimal segala macam konfigurasi kamera smartphone, sebut saja kamera ganda.

Qualcomm Unjuk Kekuatan Snapdragon 835Foto: Fino Yurio Kristo/detikINET

“Tidak peduli seperti apakah konfigurasinya, Anda akan mendapatkan yang terbaik di kelasnya,” sebut Kressin.

Dalam bidang grafis, Snapdragon 835 diklaim mampu menampilkan warna 60 kali lebih banyak dibandingkan Snapdragon 820 serta melakukan rendering grafis 3D 25% lebih cepat.

Untuk membuat Snapdragon 835, Qualcomm dipastikan bekerja sama dengan Samsung. Prosesor powerful ini akan segera menjadi otak handset flagship Android pada paruh pertama 2017 ini.

Belum jelas smartphone mana yang akan pertama kali menggunakan Snapdragon 835. Bisa jadi Galaxy S8 atau Xiaomi Mi 6. Kita nantikan saja. (fyk/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar