Rentan Diretas, Fiat Recall 7 Ribu Mobil

Rentan Diretas, Fiat Recall 7 Ribu Mobil Jeep Cherokee yang diretas saat sedang berjalan
Jakarta – Fiat Chrysler Automobiles (FCA) Amerika Serikat akhirnya memutuskan untuk me-recall 7.810 unit mobil buatannya. Hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki software perangkat nirkabelnya agar tak mudah diretas.

Ribuan mobil yang di-recall itu termasuk SUV Jeep Renegade keluaran tahun 2015 yang dilengkapi dengan perangkat layar sentuh berukuran 6,5 inch, dikutip detikINET dari Reuters, Minggu (6/9/2015).

Recall yang mereka lakukan ini hanya sebulan setelah sebelumnya FCA juga sudah pernah menarik sekitar 1,4 juta unit mobilnya di AS untuk melakukan pembaruan software.

Adalah Charlie Miller dan Chris Valasek, dua orang peneliti keamanan komputer, yang membuat FCA terpaksa me-recall ribuan mobilnya itu. Mereka bisa mengontrol sebuah mobil, dalam hal ini Jeep Cherokee yang sedang berjalan dengan menggunakan sistem komunikasi nirkabel yang ada di mobil tersebut.

Aksi Miller dan Valasek meretas mobil buatan FCA tersebut meliputi banyak hal. Seperti mengubah pengaturan AC, pemutar musik, juga mengontrol kecepatan mobil dengan mematikan sistem transmisinya.

Hal itu bisa mereka dari jarak jauh dengan bermodal sebuah laptop dengan koneksi internet. Dan ini tak cuma bisa terjadi di mobil buatan Fiat Chrysler, melainkan di semua mobil dengan sistem komputer yang terkoneksi ke internet.

Aksi dua orang ini seharusnya akan membuat takut para pelaku industri otomotif. Itu karena saat ini sudah banyak mobil yang di dalamnya sudah tersemat sistem komputer yang terhubung ke internet.

Bahkan, Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional Amerika Serikat (NHTSA) pernah menyarankan FCA untuk melakukan penarikan mobil yang rentan diretas, yang akhirnya dilakukan juga oleh FCA.


(asj/asj)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar