Review iRig Keys: MIDI Controller Ringan, Responsif dan Fitur Lengkap

Era digital adalah era dimana semua bidang seni menjadi mudah digeluti dengan kemajuan teknologi yang mendukung. Sebagai musisi, salah satu hal yang sangat memudahkan bagi kami adalah teknologi MIDI.

MIDI (Musical Instrument Digital Interface) adalah sebuah standar perangkat keras dan perangkat lunak internasional untuk saling bertukar data (seperti kode musik dan MIDI Event), di antara perangkat musik elektronik dan komputer dari merek yang berbeda. Perangkat MIDI bermacam-macam bentuknya, tetapi yang umum digunakan para musisi adalah MIDI controller yang berbentuk keyboard. Satu perusahaan yang terkenal memproduksi MIDI controller dengan kualitas bagus adalah IK Multimedia.

iRig Keys by IK Multimedia

IK Multimedia mengeluarkan produk MIDI controller yang bernama iRig Keys dan merupakan seri dari beberapa produk serupa yaitu iRig series. iRig Keys memiliki 37 keyboard mini yang responsif dengan kecepatan sensitif (Velocity sensitive). Tombol-tombol pada keyboard ini sendiri menarik untuk dimainkan karena tidak berat seperti piano, cukup untuk membuat komputer merespon dengan akurat, cocok digunakan untuk siapa saja tanpa harus mahir bermain piano.

iRig Keys ini kompatibel dengan semua produk Apple, bahkan kabel koneksi yang kita butuhkan sudah termasuk di dalam boxnya, sehingga kita tidak perlu membeli lagi secara terpisah. Bisa dibilang sebagia sebuah paket lengkap dan siap pakai!


Pengalaman Menggunakan iRig Keys

iRig Keys ini sangat nyaman digunakan dengan GarageBand pada komputer Mac dan juga perangkat iOS seperti iPhone dan iPad. Kita tidak perlu melakukan install driver apapun, tinggal colok dengan kabel koneksi yang dibutuhkan lalu nyalakan aplikasi Garageband.

Selain colokan USB dan kabel lightning, iRig Keys juga dilengkapi dengan colokan Pedal untuk kamu yang suka menggunakan pedal keyboard sebagai sustainer. Kelebihan iRig keys dibanding produk lain adalah tersedianya 2 modwheel yang bisa digunakan untuk mengendalikan Pitch dan Modulasi. Biasanya, modwheel pada MIDI controller hanya dilengkapi dengan 1 modwheel, bahkan ada perusahaan yang tidak menyertakannya pada produk mereka.

Selain itu, iRig Keys juga dilengkapi dengan kenop Volume yang berdiri sendiri untuk mengatur suara, juga dilengkapi dengan kenop SET untuk melakukan save dan recall settingan yang sudah kita simpan. IK Multimedia juga memberikan bundle aplikasi SampleTank Free dan iGrandPiano Free untuk iOS, serta aplikasi SampleTank 3 SE untuk Mac OS. Tentunya, hal ini semakin memudahkan kamu untuk mulai mengerjakan semua ide musik yang ada di kepala kamu dengan sangat mudah.

Tunggu apa lagi, mari berkarya dengan IK Multimedia iRig Keys!






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar