Review Mini Metro, Membuat Jalur Subway dengan Tampilan Minimalis




Tim pengembang Playdigious dan Dino Polo Club akhirnya menepati janji untuk merilis games Mini Metro! Games simulator dengan ide membangun jalur subway ini sebetulnya sudah sepekan ada di meja review tim MakeMac. Nah mari kita bahas secara lengkap dan saya harap kamu juga dapat segera mencobanya.

[embedded content]

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Mengenal Mini Metro

Mini Metro adalah sebuah games simulasi yang menceritakan tentang proses membuat jalur subway atau kereta bawah tanah, memindahkan penumpang dari satu tempat ke daerah lain. Tugas utama kamu adalah menarik garis dari satu stasiun ke stasiun lainnya, membuat jalur yang tidak rumit namun bisa mengantarkan banyak penumpang secara efisien.

Semua objek stasiun, penumpang dan lain sebagainya menggunaka simbol dalam bentuk bangun ruang 2 dimensi. Ya, di Mini Metro tidak banyak penjelasan dengan kata atau kalimat sehingga games terasa sangat minimalis.

Kembali pada permainan, kamu harus terus melayani penumpang untuk mencapai tujuannya dan memperluas jalur subway atau membuat jalur baru yang saling terkoneksi. Karena kamu bermain dengan transportasi umum, jangan biarkan penumpang menunggu lama atau mereka akan marah. Puncak kemarahan terbesar adalah diagram waktu tunggu berwarna hitam melingkar dan kamu dinyatakan Game Over.

Sistem Mingguan

Kamu dapat melihat ikon jam dan hari di tampilan kanan atas Mini Metro. Jika sudah lama bermain, kamu akan masuk pada minggu berikutnya dalam hitungan waktu simulasi di Mini Metro. Dengan hal ini kamu akan mendapatkan beragam benda pendukung permainan. Mulai dari lokomotif baru, Lines atau mode untuk membuka jalur baru, Tunnelsuntuk membuat terowongan (penghubung antar stasiun jika ada aliran air) serta beragam hal lainnya.

Tips dari saya, selalu sisakan sebuah Tunnels atau lokomotif. Jangan habiskan semuanya seketika, simpan untuk kemunculan stasiun yang terkadang tidak terduga di tengah minggu atau gejolak penumpukan penumpang yang kapan saja bisa muncul. Silahkan terus berpikir secara taktis dan kreatif untuk membangun jalur baru atau menghubungkan beberapa stasiun, sesuai dengan kebutuhan penumpang. Bahkan jika perlu kamu dapat melakukan Pause pada permainan di Mini Metro kemudian rapikan beberapa jalur, pecah menjadi jalur baru atau beberapa hal lainnya.

Beda Negara, Beda Strategi

Ada banyak sekali peta yang dapat kamu gunakan di Mini Metro. Semuanya punya strategi, cara bermain dan beberapa benda yang berbeda. Sebut saja untuk stasiun Osaka, Jepang. Setiap masuk ke minggu berikutnya, kamu bisa memilih untuk mendapatkan 2 lokomotif atau sebuah kereta cepat yaitu Shinkansen. Belum ditambah lagi benda pelengkap seperti pilihan Lines, Tunnels atau gerbong tambahan.

Bagaimana cara membuka peta baru? Gampang, kamu tidak perlu membeli atau menukar poin dan cara semacamnya. Cukup mainkan peta dari urutan sebelumnya dan penuhi jumlah minimal penumpang yang harus kamu layani. Nanti setelah selesai bermain di level tersebut, peta baru akan otomatis terbuka. Saya biasa bermain secara santai dan mendapatkan paling tidak 500 penumpang, padahal kebanyakan level hanya memerlukan minimal 200 penumpang untuk dapat membuka level berikutnya. Tidak sulit donk?


Preview Peta Buatan Kamu Setelah Bermain

Game Over alias kalah karena penumpukan penumpang yang terjadi, bukanlah ending dari sebuah permainan di Mini Metro. Kamu bisa membagikan gambar GIF dari susunan stasiun yang kamu buat sebelumnya. Mode animasi gambar ini menggunakan dukungan layanan dari GIPHY ya. Jadi sebaiknya kamu tidak menyimpan gambar ini di Camera Roll karena animasinya tidak dapat dilihat. Silahkan bagikan ke Facebook, iMessage atau Telegram Messenger. Jangan lupa juga untuk melihat peringkat kamu di games ini dengan menekan ikon grafik di bagian bawah.

Lanjut ke mode permainan, Mini Metro punya mode Daily. Bagian ini berisi peta yang sudah dipersiapkan dan dapat dinikmati oleh seluruh pemain di dunia. Tujuannya sederhana, melihat siapa pemain Mini Metro paling mahir secara harian. Sebagai catatan, di mode Daily ada beberapa perbedaan yang membuat tantangan semakin seru. Salah satu contohnya adalah tidak bisa menghapus atau mengganti jalur yang sudah kamu buat sebelumnya.

Pengalaman Bermain Mini Metro

Saya sangat menikmati games Mini Metro saat mencobanya di perangkat iPad Mini selama sepekan. Tampilan yang sangat minimalis, tantangan yang terus berkembang dan fokus pada kreativitas pengguna adalah beberapa poin menarik di games ini. Ditambah lagi dengan suara latar belakang yang seru, saya bisa mendengarkan efek suara yang diberikan secara kalem dan damai lewat earphone.

Bahkan sebagai catatan tambahan, Mini Metro juga punya beberapa pengaturan menarik seputar tampilan. Seperti Night Mode, tampilan untuk pengguna buta warna dan juga mode simpan games di iCloud. Sangat lengkap ya!

Dengan beragam fitur, kemudahan permainan dan tantangan ekstra seru, Mini Metro rasanya pantas dijual dengan harga $4.99 atau 75 ribu Rupiah untuk dimainkan pada iPhone atau iPad. Yuk segera uduh, gunakan tautan di bawah untuk akses cepatnya ya.

Download Mini Metro · Harga: 75000






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar