(Rumor) Apple Kerjakan Chip ARM untuk Fitur Power Nap di Mac

Apple sedang mengembangkan chip baru untuk perangkat MacBook Pro generasi selanjutnya. Berbasis teknologi ARM, chip dengan kode nama T310 ini kabarnya khusus dibuat untuk fitur “Power Nap”. Yaitu fitur untuk mengerjakan beragam proses di belakang layar, saat komputer dalam mode sleep atau tidak digunakan.

Apple engineers are planning to offload the Mac’s low-power mode, a feature marketed as “Power Nap,” to the next-generation ARM-based chip. This function allows Mac laptops to retrieve e-mails, install software updates, and synchronize calendar appointments with the display shut and not in use.

Sesuai dengan kutipan di atas, fitur ini dapat membuat komputer kamu menerima email, melakukan software update atau sinkronisasi kalendar – dalam kondisi layar tertutup dan tidak digunakan. Fitur yang sama sebetulnya sudah ada di komputer Mac yang saat ini tersedia di pasaran, bedanya adalah masih dikerjakan oleh CPU Intel dan memakan baterai lebih banyak.



Bahkan kabarnya tenologi chip ARM ini juga akan mengerjakan banyak hal lainnya. Yaitu bekerja sebagai kendali power atau pemakaian baterai untuk bagian penyimpanan dan komponen nirkabel yang terhubung. Sayangnya tidak ada bocoran mengenai wujud akhir dari teknologi ini alias kapan Apple akan merilis MacBook Pro tersebut.

Bagi kamu yang belum tahu, Apple sudah menggunakna chip ARM khusus di MacBook Pro 2016 versi Touch Bar. Yaitu Apple T1 yang memegang proses penggunaan Touch Bar, sensor Touch ID dan metode secure enclave untuk pengamanan sistem Apple Pay di MacBook Pro. Tentunya kesuksesan di Touch Bar membuat Apple semakin berambisi untuk menggunakan chip ARM di teknologi lainnya, namun tidak dalam rangka mengganti CPU Intel yang sekarang digunakan.


Gambar






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar