Sadar atau Tidak, Apple Mengajak Kamu Meninggalkan Home Button

Home Button, tombol utama di iPhone sejak generasi pertama hingga tahun 2016 ini memang tidak berubah secara fungsi utamanya. Kegunaan tambahan terus berkembang, penambahan fitur dan hal lainnya diberikan hingga tahun ini dengan kehadiran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Namun jika dilihat secara lebih jeli, menurut saya Apple akan segera meninggalkan Home Button untuk iPhone. Paling tidak, ini sudah mulai terasa di tahun 2016. Berikut ini beberapa pendapat mengenai umur Home Button yang sudah tidak lama lagi.

Fungsi Home Button Dari Awal Rilis

Sesuai dengan namanya, Home Button awalnya hanya berfungsi untuk kembali ke tampilan Homescreen saat kamu menggunakan sebuah aplikasi. Tombol ini adalah revolusi yang diberikan Apple pada perangkat iPhone. Ya, di tahun 2007 ponsel lain atau PDA misalnya belum memiliki Home Button dengan ukuran besar, bulat dan sejelas iPhone.

Setelah beberapa versi iPhone, akhirnya Home Button punya fungsi tambahan yaitu Multitasking. Kamu bisa menekan tombol ini 2x berturut-turut untuk melihat daftar aplikasi yang berjalan di belakang layar. Tekan 3x juga bisa digunakan untuk fitur tambahan lainnya seperti mode Accessibility.

Masuk ke tahun 2014, Home Button punya banyak sekali fungsi yang dapat kamu gunakan. Berikut ini uraiannya jika dibedakan berdasarkan cara dan jumlah tekanan yang harus diberikan:

  • Home: sekali tekan
  • Siri: sekali tekan dan tahan
  • Multitasking: dua kali tekan
  • Reachability: dua kali tap (iPhone6, iPhone 6 Plus dan seterusnya)
  • Touch ID: tempelkan jari yang sudah didaftarkan

Fitur Home Button yang Mulai Dikurangi Mulai 2015

Itu tadi hanya fitur standar, belum ditambah mode lanjutan seperti tekan 3x untuk Accessibility atau Force Restart, DFU Mode atau lainnya. Namun sejak tahun 2015, Apple mulai mengurangi beberapa fitur Home Button. Lebih tepatnya menghadirkan cara alternatif sehingga kamu tidak perlu menekannya.

Salah satunya adalah memanggil Siri yang dialihkan dengan ‘Hey Siri’ – ucapkan kata tersebut langsung tanpa perlu charging pada iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Ada juga mode Multitasking pada perangkat iPhone dengan 3D Touch. Yaitu dipanggil dengan cara tekan dan tahan di pojok kiri layar. Lanjut di iOS 10, ada Raise To Wake yang membuat kamu tidak perlu menekan Home Button untuk “membangunkan” layar saat tampilan gelap guna melihat notifikasi.


Masih butuh info lain mengenai Home Button yang sudah dikurangi fiturnya oleh Apple? Coba cek artikel yang saya bagikan mengenai iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang tidak lagi menggunakan Home Button untuk Force Restart dan DFU Mode. Ya, ini karena Home Button di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang sudah tidak dapat lagi ditekan dan tahan secara tampilan fisik – dikenal dengan istilah Taptic Home Button.

Lantas apa yang tersisa? Tinggal Touch ID dan Home. Keduanya masih tetap mewajibkan Apple untuk meletakkan tombol ini sebagai salah satu hal utama di iPhone. Tapi bisa saja suatu saat fitur ini akan hilang, prediksi paling dekat adalah menggabungkan Home Button dengan layar dan menyisakan lingkaran Touch ID saja. Bisa terjadi tahun depan atau beberapa tahun lagi.

Apakah Apple akan menghilangkan Home Button? Hanya waktu yang akan memberikan jawabannya untuk kita semua. Sedikit perbandingan gampang, jika teknologi jack audio dengan umur 100 tahun saja bisa dilepaskan oleh Apple pada perangkat iPhone, pastinya Home Button yang baru berumur 9 tahun bisa menjadi hal yang mudah. Tapi tentunya butuh persiapan – saya sudah uraikan semua persiapan dari Apple di bagian atas. Jadi, tinggal tunggu waktu saja ya.

Bagaimana pendapat kamu? Setuju jika Apple menghapus Home Button atau membuatnya berevolusi lagi dengan lebih minimalis? Bagikan di kolom komentar ya.


Gambar






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar