Safari di Mac Berhenti Mendukung Resolusi 4K untuk YouTube.com

Sering melihat video di YouTube.com dalam resolusi paling tinggi yaitu 4K? Kabarnya laman YouTube yang dibuka lewat Safari for Mac, sekarang tidak lagi mendukung mode memutar video dalam resolusi 4K untuk banyak video terbaru. Apa sebabnya? Dikutip dari laman Reddit, kini YouTube sudah beralih sepenuhnya ke teknologi encoding VP9 di resolusi 4K. Sayangnya sejak teknologi ini diumumkan oleh YouTube, peramban Safari dari Apple belum juga mengadposi standar tersebut.

Upon further inspection, I discovered that Youtube stores different kinds of video on their servers, encoded either in VP9 or the older H264 codec. Safari has no VP9 support…so it gets automatically served a H264 version from Youtube

Sebagai catatan, peraturan ini berlaku untuk deretan video terbaru yang sudah diunggah ke YouTube dan tentunya dalam format 4K. Dapat kamu lihat pada gambar di atas, tidak ada tombol 4K pada jendela tampilan Safari. Padahal jika kamu membuka video ini di peramban Chrome, ada tombol 4K yang dapat ditekan karena dukungan codec VP9 yang diberikan.



Di halaman berikut ini juga sudah dijelaskan, VP9 akan memberikan efisiensi lebih tinggi dalam penggunaan koneksi internet dan membuat proses streaming video yang kamu lakukan lebih lancar. YouTube memberikan contoh berupa koneksi internet yang sebelumnya hanya sanggup memutar video 480p, kini dapat menikmati resolusi 720p dengan teknologi VP9 namun tetap lancar.

Uniknya, dukungan untuk resolusi 4K di Safari ini hanya hilang jika kamu membukanya di laman YouTube.com. Jika kamu melihat sebuah video YouTube dengan cara embed video, seperti yang sering tim MakeMac lakukan, mode 4K masih tetap tampil. Begitu juga jika video yang diputar adalah dokumen video yang sudah diunggah ke YouTube sejak beberapa pekan lalu. Yaitu saat masih mendapatkan dukungan selain VP9.


Gambar






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar