Saingi Intel, IBM dkk Garap Teknologi Datacenter

Saingi Intel, IBM dkk Garap Teknologi DatacenterFoto: Reuters/Lucy Nicholson
Jakarta – Sejumlah perusahaan teknologi bergabung untuk menggarap teknologi terbuka untuk meningkatkan performa datacenter, yang dilakukan untuk melawan dominasi Intel.

Perusahaan tersebut antara lain adalah IBM, Google, AMD, Dell EMC, HP, Nvidia dan lainnya, tergabung dalam konsorsium yang akan menggarap sebuah standar bernama Open Coherent Accelerator Processor Interface (OpenCAPI).

Tujuan dari standar ini adalah untuk menyediakan desain antarmuka yang mempunyai bandwidth besar dengan latency yang kecil, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Sabtu (15/10/2016).

Antarmuka ini akan membantu perusahaan-perusahaan dan penyedia layanan data center cloud untuk meningkatkan kecepatan big data, machine learning, analitik dan bermacam pekerjaan lain.

Konsorsium itu berencana membuat OpenCAPI mulai tersedia untuk publik sebelum akhir 2016, dan sudah mulai dipakai di bermacam server dan perangkat lain mulai pertengahan 2017.

Intel, perusahaan pembuat chip, memilih untuk tak mengungkap teknologi server buatannya dan memilih untuk tak bergabung dalam konsorsium tersebut. Sebelumnya Intel juga pernah menolak bergabung dengan konsorsium sejenis, seperti CCIX dan Gen-Z.
(asj/asj)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar