Samsung Anjlok, Saham Apple Malah Melambung

Samsung Anjlok, Saham Apple Malah MelambungFoto: detikINET/adifidarahman
Jakarta – Keputusan Samsung menghentikan penjualan dan produksi Galaxy Note 7 langsung berpengaruh ke nilai saham Samsung menjadi anjlok. Sebaliknya, Apple malah memperoleh keuntungan.

Seperti diberitakan sebelumnya, saham Samsung dilaporkan anjlok hingga 8% akibat dampak dari dihentikannya penjualan dan produksi Galaxy Note 7. Penurunan ini bikin Samsung harus rela kehilangan hingga Rp 17 miliar.

Kondisi berbeda justru dialami Apple sebagai pesaing terberat Samsung. Seperti detikiNET kutip dari Daily Mail, Rabu (12/10/2016), perusahaan Cupertino, Amerika Serikat (AS) ini malah mengalami kenaikan nilai saham yang mencapai 2,3%, tertinggi yang dialami Apple sepanjang 10 bulan ke belakang.

Kenaikan ini menjadikan saham Apple bertengger di angka USD 116,72, setelah naik USD 2,66 dari nilai sebelumnya pada awal pekan ini.

Tak hanya di lantai bursa, pergerakan juga terjadi di pembagian pasar. Dihentikannya penjualan dan produksi Galaxy Note 7 disebut telah menaikkan pangsa pasar iOS sebanyak 1%, bila mengacu pada pernyataan analis dari S&P Angelo Zino.

Menurutnya kenaikan 1% tersebut diperoleh dari pengguna ponsel Android kelas atas yang selama ini setia dengan Samsung. Keputusan produsen Korea Selatan itu kabarnya memaksa mereka beralih memilih iPhone sebagai ponselnya.
(yud/rns)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar