Seluruh Perbatasan Indonesia Merdeka Seluler Februari 2017

Kalimantan Barat – Seluruh wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan para negara tetangga, ditargetkan sudah merdeka terlayani jaringan telekomunikasi seluler pada Februari 2017.

Target itu diungkap Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat meresmikan pengoperasian base transceiver station (BTS) pertama di desa Kantuk Asam, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (28/12/2016).

“Di seluruh wilayah Kalimantan kita butuh 75 site BTS untuk perbatasan. Tapi kalau seluruh perbatasan Indonesia, perlu 250 site BTS,” kata menteri yang akrab disapa Chief RA itu usai peresmian.

Pembangunan BTS itu sendiri hingga saat ini masih terus berlangsung. Sebagian besar sudah on-air, sebagian masih diproses, dan sisanya masih dipabrikasi. Namun ditargetkan, seluruhnya tuntas dan bisa beroperasi Februari 2017.

“Untuk transmisi backbone, listrik, di seluruh BTS ini, biayanya ditanggung oleh pemerintah. Tiap sites biaya operasionalnya Rp 500 juta per tahun. Operator tinggal bangun radionya saja, kurang lebih modal mereka cuma USD 20 ribu per BTS,” kata Rudiantara.

Seluruh Perbatasan Indonesia Merdeka Seluler Februari 2017Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II

Sebagai informasi, penyediaan BTS oleh Kementerian Kominfo di daerah perbatasan merupakan salah satu program USO (Universal Service Obligation) di bidang telekomunikasi dan informatika yang dibangun dengan menggunakan dana USO yang dikelola oleh Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI).

Direktur Utama BP3TI Anang Latif, menargetkan hingga Desember 2016 akan terbangun 147 BTS dimana 52 BTS di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia tersebar di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

“Sampai pertengahan Desember 2016 sejumlah 20 BTS, sisa 32 BTS lainnya ditargetkan live pada akhir Desember 2016. Total BTS yang akan dioperasikan di seluruh Indonesia mencapai 250 site pada Februari 2017,” pungkasnya. (rou/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar