Solusi Banyak Gadget – Apa itu IMAP4 ? dan Kenapa Tidak POP3 ?

Protokol POP3 yang digunakan oleh dan untuk email untuk sebagian besar pengguna sebenarnya sudah tidak cocok untuk kondisi saat ini, dimana seorang pengguna sudah terbiasanya menggunakan berbagai alat yang saling terhubung. Protokol yang sedang ‘naik daun’ namun tidak banyak yang menyadarinya adalah IMAP4.IMAP yang merupakan singkatan dari Internet Message Access Protocol adalah protokol yang dirancang untuk menggantikan protokol POP3 karena cara kerjanya yang lebih cocok untuk jaman sekarang.

Sebagai protokol yang lebih maju, tentu ada perbedaan dan terutama keunggulan dari protokol ini.Pertama, IMAP tidak mendownload sebuah email secara utuh, hanya sebagian dari email tersebut sedangkan email utuhnya tetap disimpan didalam server. IMAP hanya mendownload sebagian dari email agar Anda bisa mem-preview email tersebut apakah ingin dilihat secara keseluruhan atau tidak. Dengan konsep ini, permasalahan yang saya sebutkan sebelumnya seperti email yang berukuran 100Mb, bisa dihindari.

Pengguna kini tidak perlu mendownload seluruh email yang ada, cukup beberapa bagian awal saja dan apabila ternyata memang tidak dibutuhkan, email tersebut bisa langsung dihapus tanpa menghamburkan waktu dan uang sia-sia. Jika email tersebut memang diinginkan, pengguna tinggal memilih untuk mendownload email tersebut secara keseluruhan.

tutor-imap

Kedua, email kini disimpan didalam server sehingga email yang sama akan tetap kelihatan melalui mesin lain sekalipun email tersebut telah diakses dari handphone atau tablet.Ketiga, organisasi email menjadi jauh lebih mudah dan nyaman. Folder yang Anda ciptakan akan terjadi di server sehingga dari semua email client akan tersinkronisasi.

Folder yang Anda ciptakan dengan PC secara otomatis akan terlihat di handphone dan tablet Anda.Tentu saja, selain dari keuntungan ini juga ada kekurangan lainnya. Email Anda akan membebani server sehingga dibutuhkan storage yang lebih banyak.

Selain itu, rusaknya server akan menghilangkan email Anda yang ada didalamnya namun protokol IMAP4 juga mengijinkan Anda untuk mendownload email Anda ke mesin lokal, jadi kekurangan ini bisa teratasi.Kabar baik lainnya adalah sebuah email server biasanya mendukung beberapa protokol sekaligus, Anda bisa memilih untuk menggunakan POP3 atau SMTP atau bahkan keduanya. Bila Anda menggunakan keduanya, Anda harus ingat bahwa POP3 bisa menghapus email Anda dari server dan hal tersebut akan membuatnya tidak terlihat lagi dengan akses IMAP4.

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply