Solusi Untuk Mengatasi Masalah Mini-Installer macOS Mojave

MacOS Mojave sudah dirilis beberapa pekan lalu, namun sebagian pengguna masih belum mengadopsi OS terbaru Apple tersebut. Sebagian karena memang perangkatnya tidak lagi mendukung macOS Mojave. Namun sebagian lainnya ternyata mendapatkan masalah yang membingungkan.

Mini-Installer macOS Mojave?

Beberapa pengguna Mac ternyata mendapati unduhan macOS Mojave miliknya tidak lengkap. Installer macOS Mojave yang seharusnya sebesar 6GB, ternyata justru terunduh sebesar 22MB saja. Hal ini tentu membuat bingung para pengguna awam.

Sebenarnya setelah sedikit ditelaah, mini-installer ini tidak sepenuhnya buruk. Pasalnya, mini-installer yang berukuran 22MB tersebut nyatanya akan secara otomatis mengunduh keseluruhan OS pada saat pemasangan macOS Mojave. Hanya saja, jika yang berukuran lengkap bisa digunakan secara offline, mini-installer ini mengharuskan pengguna untuk online.

Hal tersebut tentu tidak masalah bagi mereka yang memang memiliki koneksi tak terbatas. Lagipula, pengguna tetap bisa menggunakannya sebagai installer untuk memasang macOS Mojave secara keseluruhan. Jeleknya mini-installer ini adalah file tersebut tidak bisa dibuat menjadi sebuah bootable driver, yang banyak membantu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Mengunduh Installer macOS Mojave Versi Lengkap

Solusinya dari masalah tersebut ternyata cukup mudah. Kamu, yang mengalami masalah ini bisa mengikuti petunjuk yang saya berikan dibawah, tentang bagaimana mengubah mini-installer macOS Mojave menjadi versi lengkap.

  1. Kamu bisa mengunduh aplikasi dari dosdude1 yang akan bertindak sebagai patch dari mini-installer macOS Mojave
  2. Buka aplikasi tersebut. (Jika Gatekeeper menghalangi aksi ini, kamu bisa membukanya dengan klik kanan pada aplikasi tersebut, lalu pilih ‘Open’)
  3. Buka opsi ‘Tools’ yang ada pada menu bar, dan pilih ‘Download macOS Mojave’
  4. Pilih ‘Yes’ untuk mengkonfirmasi bahwa kamu akan mengunduh macOS Mojave versi lengkap yang berukuran 6GB. Lalu pilih destinasi unduhan tersebut. (Catatan penting! Jika kamu ingin membuat bootable USB drive dari hasil unduhan ini, maka kamu harus mengubah destinasi unduhan tersebut ke folder ‘Applications’ yang ada di Mac)
  5. Tunggu sampai proses unduhan selesai.

Sebagai langkah tambahan, kamu bisa memastikan bahwa installer macOS Mojave yang telah diunduh tadi telah terunduh secara lengkap. Kamu bisa melakukannya dengan cara klik kanan pada file installer tersebut, lalu pilih ‘Get Info’. Disana akan tertera ukuran dari file tersebut, yang seharusnya berukuran sekitar 6GB dan bernama ‘Install macOS Mojave.app’.

Penyebab Munculnya Mini-Installer

Saat tutorial ini ditulis, belum jelas apa yang menjadi penyebab dari munculnya mini-installer dari macOS Mojave ini. Masalah ini nampaknya muncul secara acak dan bisa terjadi pada siapa saja. Beberapa prediksi muncul, termasuk adanya kemungkinan perbedaan versi macOS saat pengguna mengunduh installer.

Prediksi lain mengatakan bahwa kemungkinan munculnya mini-installer disebabkan oleh kapasitas hard drive pengguna yang penuh. Sayangnya, semua prediksi ini hanyalah spekulasi saja. Bagaimana dengan kamu sendiri, apakah kamu juga mengalami masalah yang sama?


https://makemac.com/wp-content/uploads/2018/09/get-ready-for-macos-mojave.jpg



Sumber : Makemac.com

About The Author

Related posts

Leave a Reply