Standarisasi dan Istilah Wireless ??? AAAaaarrrrggghhhhhh !!!!!!!!

Selama saya belajar, rasanya tidak ada standarisasi dan istilah-istilah yang lebih membingungkan daripada belajar standarisasi dan istilah yang ada di wireless network. Pertama, saya berfikir bahwa standarisasi protokol wireless yang dinamakan 801.11a pastilah standarisasi yang pertama, diikuti 802.11b kemdian 802.11g dan seterusnya. Pemikiran yang salah besar !

Ketika mendengar tentang 802.1x, saya berfikir ini pastilah standarisasi protokol komunikasi wireless seperti 802.11a, 802.11b dan 802.11g. Kali ini, kesalahannya bahkan lebih besar karena 802.1x ternyata tidak ada hubungannya dengan standarisasi protokol komunikasi wireless!

Celakanya lagi, banyak yang malas menuliskan 802.11a, 802.11b, 802.11g dan menyingkat semuanya menjadi 802.11x sehingga sangat mirip dengan 802.1x !

Ketika mendengar SSID kemudian adalagi BSS, ESS dan IBSS, saya berfikir pastilah semuanya berhubungan dengan SSID namun ternyata salah juga. Setiap hari mendengar Wi-Fi, saya mengambil kesimpulan bahwa Wi-Fi merupakan singkatan dari wireless. Kali ini kesalahannya tidak bisa dimaafkan !

IEEE dan Wi-Fi

Banyak yang mencampur adukkan antara IEEE (dengan 802.11-nya) dan Wi-Fi, lebih parah lagi semua produk wireless dianggap sebagai Wi-Fi seperti ada saja orang gila yang mengira bahwa Wi-Fi merupakan singkatan dari Wireless ! (ya, saya orangnya).

IEEE dan Wi-Fi adalah dua hal yang berbeda, atau lebih tepatnya merupakan 2 organisasi yang berbeda. IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) merupakan organisasi non-profit yang mendedikasikan kerja kerasnya demi kemajuan teknologi. Organisasi ini mencoba membantu banyak sekali bidang teknologi seperti teknologi penerbangan, elektronik, biomedical, dan tentu saja komputer juga termasuk didalamnya. Keanggotaan organisasi IEEE diklaim mencapai  370.000 orang yang berasal dari 160 negara di dunia ini.

Pada tahun 1980 bulan 2, IEEE membuat sebuah bagian yang mengurusi standarisasi LAN (Local Area Network) dan MAN (Metropolitan Area Network). Bagian ini kemudian dinamakan sebagai 802. Benar, angka 80 menunjukkan tahun dan angka 2 menunjukkan bulan dibentuknya kelompok kerja ini.

Pernah mendengar tentang Ethernet, Wireless, Token Ring ? Ini adalah contoh dari hasil kerja kelompok 802. Karena luasnya bidang yang ditangani oleh 802, maka bagian ini dibagi lagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil yang lebih spesifik yang dinamakan sebagai unit kerja. Unit kerja ini diberikan nama berupa angka yang berurutan dibelakang 802. Berikut adalah contoh unit kerja dan bidang yang mereka tangani :

 

802.1    Higher Layer LAN Protocols Working Group 802.3 Ethernet Working Group
802.11   Wireless LAN Working Group

802.16  Broadband Wireless Access Working Group

802.17  Resilient Packet Ring Working Group

802.18  Radio Regulatory TAG

802.19  Coexistence TAG

802.20  Mobile Broadband Wireless Access (MBWA) Working Group

802.21  Media Independent Handoff Working Group

802.22  Wireless Regional Area Networks

802.15  Wireless Personal Area Network (WPAN) Working Group

Jika Anda perhatikan urutan angka- angka dari unit kerja, terdapat beberapa “lompatan” seperti 802.2, 802.5, 8202.12, dst. Apa yang terjadi ? Ternyata, unit kerja ini sudah pulang ke “alam baka” karena berbagai sebab seperti bidang yang ditangani sudah ketinggalan jaman atau dilebur ke unit kerja yang lain.

Unit kerja yang paling menarik tentu saja unit kerja 802.11 yaitu unit kerja yang mengurusi wireless LAN . Unit kerja ini sendiri masih dibagi-bagi lagi menjadi unit yang “benar-benar kerja” namun sekarang tidak lagi dengan tanda titik dan angka namun dengan huruf a,b,c sehingga menjadi unit 802.11a, 802.11b, 802.11g, dst.

Baik, Anda sudah melihat sekilas pandang mengenai organisasi IEEE dan spesifikasi yang dihasilkannya, lalu apa itu Wi-Fi ? IEEE telah membuat standarisasi jaringan wireless namun standarisasi ini dirasakan masih kurang lengkap untuk memenuhi kebutuhan dunia bisnis. Karena itu, dibentuklah sebuah asosiasi yang dipelopori oleh Cisco yang dinamakan sebagai Wi-Fi (Wireless Fidelity) yang beralamat di http://www.wi-fi.org/.

Organisasi Wi-Fi ini bertugas memastikan semua peralalatan yang mendapatkan label Wi-Fi bisa bekerja sama dengan baik sehingga memudahkan konsumen untuk menggunakan produknya. Siapa saja anggota Wi-Fi sehingga mereka begitu berkuasa ? Cisco, Microsoft, Dell, Texas Instrumens, Apple, AT&T, dan masih banyak sekali yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Anda bisa melihat daftar anggota geng dari Wi-Fi yang sangat banyak ini di http:// www.wi-fi.org/our_members.php.

“Unit kerja yang paling menarik tentu saja unit kerja 802.11 yaitu unit kerja yang mengurusi wireless LAN. Unit kerja ini sendiri masih dibagi-bagi lagi menjadi unit yang “benar-benar kerja” menggunakan huruf a,b,c sehingga menjadi unit 802.11a, 802.11b, 802.11g, dst”

Organisasi Wi-Fi membuat peralatan berdasarkan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh IEEE walaupun tidak 100% sama sehingga bisa jadi terdapat feature yang ditambahkan ke dalam peralatan wireless yang tidak ada di dalam standarisasi yang dikeluarkan oleh IEEE.

Sebagai contoh, spesifikasi IEEE tidak menetapkan secara jelas bagaimana sebuah alat melakukan roaming antara satu AP dengan AP lainnya. Para produsen tentunya membutuhkan spesifikasi semacam ini, maka ditambahkanlah kebutuhan untuk ini.

Contoh lain yang ditambahkan oleh geng Wi-Fi ini adalah masalah keamanan. Ketika WEP dinyatakan tidak aman, geng Wi-Fi tidak menunggu IEEE menyelesaikan tugasnya, mereka segera mengeluarkan solusi sementara untuk menjaga jutaan pengguna wireless di seluruh dunia dengan menambahkan level enkripsi yang ternyata tidak berguna.

 

S’to – Penulis buku “Wireless Kung Fu : Networking & Hacking. Edisi 2015” 

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply