Sudah Ada Android, Buat Apa Samsung Bikin Tizen?

Sudah Ada Android, Buat Apa Samsung Bikin Tizen?Foto: yud/detikcom
Jakarta – Mungkin pertanyaan paling mendasar soal Tizen adalah kenapa Samsung membuatnya? Padahal produsen ini sudah sangat mapan dengan Android. Berikut jawaban Samsung.

Di balik kesuksesannya menggarap ponsel berbasis Android, siapa sangka kalau Samsung ternyata punya ambisi dengan sistem operasi lain. Produsen ini pun ikut mengembangkan ponsel Tizen selain Android yang jadi andalannya.

Malah secara konsep, Tizen katanya jauh lebih kompleks dibanding Android. Menurut Denny Galant, Head of PM IT & Mobile Samsung Indonesia, Tizen akan menjadi dasar untuk menghubungkan produk-produk Samsung. Singkatnya, Samsung ingin seluruh perangkat bikinannya bisa terhubung satu sama lain menggunakan Tizen.

“Kesempatan Tizen ke arah interkonektivitas, karena Samsung sudah punya banyak perangkat berbasis Tizen, seperti smartwatch, TV, dan lain-lain. Samsung ingin semua bisa saling terhubung. (Termasuk) Internet of Things juga menjadi segmen yang akan dimasuki Tizen. Itu arah ke depannya,” ujar Denny, di sela-sela peluncuran Samsung Z2 di ballroom hotel Intercontinental, Jakarta.

Tapi bukan berarti Tizen dianggap bakal menyaingi Android, Denny menekankan kalau Tizen merupakan sebuah alternatif. Apalagi sampai saat ini Samsung masih memasarkan ponsel-ponsel berbasis Android.

Alfred Boediman, VP PT Samsung R&D Institute Indonesia, juga punya alasan yang sama. Menurutnya Tizen bukanlah pesaing Android. Alasan Samsung memilih Tizen sebagai alternatif semata-mata karena sistem operasi ini masih sangat baru. Sehingga potensi yang bisa digali masih sangat besar.

“Kenapa kami pakai Tizen yang masih kecil marketnya? Karena masih baru, potensinya besar di situ. Oleh karenanya kami berusaha untuk membangun ekosistemnya,” kata Alfred.
(yud/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar