Tak Cuma Gadget, Xiaomi Segera Dirikan Bank

Jakarta – Kabar cukup mengejutkan hadir dari Xiaomi. Tak hanya ingin berkutat di segmen gadget, produsen China ini dipastikan masuk ke industri finansial dengan mendirikan sebuah bank.

Tapi bank yang dimaksud sebenarnya tidak benar-benar dioperasikan oleh Xiaomi. Produsen teknologi ini lebih tepat disebut sebagai investornya, namun dengan porsi yang terbilang sangat besar. Sampai-sampai bank tersebut bisa dibilang di-backing sepenuhnya oleh Xiaomi.

Bos Xiaomi sendiri bahkan sudah terang-terangan memajang logo bank Xiaomi di akun Weibo miliknya. Namun pihak Xiaomi belum mau mengungkap kapan peresmiannya akan dilakukan.

“Ini adalah proses penting, yang akan menandai pendirian resmi. (Bank) akan segera melayani pelanggan dalam waktu dekat,” kata salah seorang sumber yang akan menangani operasional Bank tersebut, seperti detikINET kutip Dawn, Kamis (29/12/2016).

Tapi harap dicatat, jangan berpikir bank Xiaomi layaknya bank konvensional. Sebab bank yang didukung Xiaomi ini sejatinya lebih tepat disebut sebagai bank online.

Xiaomi disebut telah menyiapkan investasi sebesar USD 50 juta. Layaknya bank biasa, Bank online Xiaomi nantinya juga bisa memberi kredit pinjaman hingga CNY 30.000. Pinjaman ini nantinya bisa diajukan melalui smartphone.

Apa yang dilakukan Xiaomi ternyata bukan yang pertama, sejumlah perusahaan teknologi lain di China malah telah memulainya lebih dulu. Tencent jadi yang pertama melakukan lewat yang namanya WeBank. Kemudian disusul oleh MYBank yang dikontrol operasinya oleh Alibaba. (yud/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar