Tak Hanya Gadget, Sisir Pintar Juga Unjuk Gigi di Las Vegas

Jakarta – Di era Internet of Things (IoT) seperti saat ini, bukan cuma ponsel atau gadget saja yang pintar. Semua barang pun disulap menjadi pintar, tak ketinggalan sisir yang satu ini.

Diperkenalkan di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2017, Kerastase Hair Coach mampu mengidentifikasi permasalahan yang ada di rambut penggunanya. Sisir canggih ini diciptakan oleh Withings dan produsen kosmetik ternama L’Oreal dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas rambut penggunanya.

Disebut canggih, karena seperti dikutip detikINET dari T3, Kamis (5/1/2017), sisir ini punya kemampuan untuk terhubung dengan smartphone melalui Wi-Fi dan Bluetooth. Selanjutnya aplikasi pendukung akan mempelajari karakteristik dari rambut.

Tak cukup sampai di situ, di dalam sisir juga tertanam sebuah microphone, dimana akan mempelajari suara ketika pengguna sedang menyisir. Dari situ, sisir akan mengidentifikasi pola-pola untuk menentukan tingkat kekusutan rambut, kering, hingga masalah seperti pecah-pecah dan rambut bercabang.

Selain microphone, L’Oreal dan Withings juga menyematkan berbagai sensor, seperti 3-axis accelerometer dan gyroscope, serta sensor konduksi yang semuanya dihadirkan untuk mengidentifikasi permasalahan dan memberikan feedback untuk cara menanganinya.

Rencananya sisir Kerastase Hair Coach ini akan hadir di pertengahan tahun 2017. Untuk harganya sendiri, sisir ini dibanderol di bawah USD 200 atau mungkin sekitar Rp 2 juta. (mag/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar