Takut Pesan Dibajak, Line Hadirkan Fitur Letter Sealing | Tempo Teknologi

Rabu, 14 Oktober 2015 | 23:01 WIB


Takut Pesan Dibajak, Line Hadirkan Fitur Letter Sealing

Logo Aplikasi Line. REUTERS/Yuriko Nakao

TEMPO.CO, Jakarta – Aplikasi pesan instan LINE memperkenalkan fitur keamanan terbaru bernama Letter Sealing, pemutakhiran fitur keamanan yang dapat melindungi pesan-pesan para pengguna dari pihak yang tidak berwenang untuk mengakses pesan-pesan itu saat pengiriman pesan.

“LINE akan terus berupaya untuk mempercanggih sistem keamanan terunggulnya demi memberikan platform komunikasi teraman bagi para penggunanya di seluruh dunia,” tulis LINE, dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Letter Sealing diterapkan tidak hanya saat bertukar pesan di perangkat-perangkat ponsel pintar saja, namun juga di personal komputer untuk Windows dan Mac OS X.

Fitur tersebut tersedia untuk para pengguna Android dan iOS dengan LINE versi 5.3.0 atau yang lebih tinggi. Fitur tersebut memungkinkan enkripsi sistem komunikasi yang lebih kuat yang dikenal sebagai enkripsi menyeluruh (end-to-end encryption – E2EE). Metode komunikasi itu membuat tidak dimungkinkannya enkripsi dengan mengacak konten isi percakapan dengan sebuah kunci yang tersimpan hanya di perangkat pengguna dan bukan di server pusat. Enkripsi penuh diterapkan apabila kedua partisipan dalam sebuah percakapan memiliki fitur ini yang diaktifkan pada perangkat mereka masing-masing.

Untuk pengguna Android dengan satu perangkat, fitur tersebut akan otomatis terimplementasi bagi pengguna yang menggunakan perangkat lebih dari satu, dan untuk pengguna iOS di waktu yang akan datang. Saat ini para pengguna iOS dapat mengaturnya secara manual di bagian ‘setting’.

Letter Sealing merupakan penambahan terbaru dari serangkaian fitur dan program keamanan LINE yang banyak yang telah mendorong sistem keamanan yang sangat ketat. Fitur ‘hidden chat’ dan pembatasan waktu berbalas pesan (time limited feature) dan penguncian passcode, menggunakan empat digit pin keamanan, adalah beberapa contoh fitur keamanan yang sudah ada di LINE.

Baru-baru ini LINE juga telah mengoperasikan program Bug Bounty untuk menerima berbagai laporan jika menemukan celah kelemahan di sistem untuk segera ditindaklanjuti. Sejak Maret 2013, LINE telah berkomitmen kuat untuk keamanan pengguna telah diakui dengan diraihnya sertifikasi keamanan global oleh SOC2, SOC3 dan SysTrust.

ANTARA

About The Author

Profile photo of Tempo

www.tempo.co adalah portal berita online dan offline yang terkenal dengan beritanya yang 'berani' dan menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan dengan investigasi yang terkenal 'tajam'.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar