Telkom Mohon Doa Restu Luncurkan Satelit Telkom 3S

Bogor – Telkom menggelar doa bersama di Stasiun Pengendali Utama Satelit Telkom, Cibinong, Jawa Barat, Senin (30/1/2017), agar rencana peluncuran satelit terbarunya, Telkom 3S, bisa berjalan sukses dan lancar.

“Mohon doa restu untuk suksesnya, barokahnya, lancarnya peluncuran. Kalau jadwalnya tepat waktu, satelit Telkom 3S akan meluncur 15 Februari 2017 waktu Indonesia,” kata Abdus Somad Arief, Chief Technology Officer Telkom saat memberikan sambutan.

Satelit Telkom 3S ini dijadwalkan akan lepas landas dari Kourou, French Guianea. Sementara pengendalinya tetap akan dikontrol dari Indonesia, tepatnya di Stasiun Cibinong, setelah lepas dari orbit dan masuk slot 118 Bujur Timur.

“Karena meluncurnya di benua Amerika Selatan, di sana magrib tanggal 14 Februari. Sementara di sini, di Indonesia, jam 4-5 menjelang subuh atau setelah subuh,” lanjut ASA, panggilan akrab Abdus Somad.

Jika nanti satelit Telkom 3S sukses mengorbit, BUMN telekomunikasi itu punya tiga satelit aktif mengorbit, yakni Satelit Telkom 1, Satelit Telkom 2, dan Satelit Telkom 3S.

“Telkom 3S akan membawa 49 transponder. Para transponder tersebut terdiri dari C-Band transponder, extended C-Band transponder dan Ku-Band transponder,” ujar M. Yazid Saktiono, Manager Ground Control System Divisi Service Operation Telkom, dalam kesempatan yang sama. (rou/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar