Telkomsel dan Nokia Jajal NB-IoT di Jaringan 4G

Telkomsel dan Nokia Jajal NB-IoT di Jaringan 4GFoto: dok. Telkomsel
Jakarta – Telkomsel bersama Nokia Networks mulai membuka jalan uji coba perdana teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) di jaringan seluler 4G LTE.

Uji coba ini dilakukan sebagai bagian dari dukungan Telkomsel dalam pembentukan ekosistem IoT di Indonesia, seiring dengan terus tumbuhnya perangkat IoT secara global.

“Telkomsel melihat adanya kebutuhan di pasar IoT yang akan berkembang pesat di masa mendatang,” kata Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Di dunia IoT, kata Sukardi, jaringan dibutuhkan untuk mendukung miliaran mesin-mesin yang dioperasikan secara remote untuk merekam dan menerjemahkan data yang kemudian digunakan untuk berbagai industri.

Misalnya, seperti fleet management and tracking dalam bidang logistik, smart agriculture dalam bidang pertanian, kontrol mesin jarak jauh dalam industri manufaktur, dan aplikasi kehidupan lainnya.

Contohnya, seperti smart building (rumah cerdas), smart metering (meteran cerdas), remote healthcare (pemeriksaan kesehatan jarak jauh), traffic safety and control pada kendaraan.

Lebih lanjut Sukardi menambahkan, bahwa teknologi NB-IoT didesain untuk memenuhi kebutuhan ini, menyediakan kapasitas, jaringan yang andal dan aman.

Selain itu jaringan NB-IoT memungkinkan jangkauan penetrasi indoor sangat dalam (deep indoor coverage) dan dengan kemampuan konsumsi daya sangat rendah dari perangkat-perangkat (device) IoT memungkinkan perangkat beroperasi hingga 10 tahun tanpa pengisian daya ulang (recharge).

Telkomsel dan Nokia Jajal NB-IoT di Jaringan 4GFoto: dok. Telkomsel

Pada kegiatan uji coba kali ini, Telkomsel dan Nokia menyimulasikan layanan telemetri untuk pemantauan lingkungan, dimana informasi mengenai temperatur, kelembaban, dan tekanan udara dikirim melalui sensor yang terhubung ke jaringan dengan konektivitas NB-IoT.

Uji coba dilakukan menggunakan metode in band frequency 200 KHz pada frekuensi 4G di 1.800 MHz.

“Uji coba ini menunjukkan bagaimana NB-IoT dapat digunakan untuk menghubungkan jutaan sensor yang mendukung produktivitas bisnis, kualitas hidup dan mampu mempercepat proses terwujudnya Smart City di berbagai kota di Indonesia,” jelas Sukardi.

Dorong Smart City

Dalam berbagai kesempatan Telkomsel juga aktif dalam mendukung implementasi Smart City di Indonesia, agar dapat meningkatkan kinerja pemerintah kota sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Platform Smart City merupakan sumber informasi bagi pemerintah dalam melakukan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat berdasarkan informasi real time yang dikirimkan oleh sensor-sensor yang terhubung dalam satu kesatuan sistem yang terintegrasi.

“Telkomsel berkomitmen untuk terus berkembang dan selalu menjadi yang terdepan dalam penerapan teknologi terkini. Uji coba hari ini menunjukkan bagaimana teknologi seluler dapat mendukung perkembangan ekosistem IoT di masa mendatang, diantaranya dalam pembangunan Smart City, dimana penerapannya akan mentransformasi berbagai aspek kehidupan,” papar Sukardi.

Robert Cattanach, President Director of Nokia Indonesia menyatakan komitmennya untuk mendorong inovasi dan teknologi yang mempermudah pengguna untuk saling terkoneksi.

“Uji coba teknologi NB-IoT dengan Telkomsel ini juga menjadi momen penting dalam menunjukkan konektivitas IoT di kehidupan nyata,” pungkas Robert.
(rou/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar