Terungkap, Fungsi Force Touch pada iPhone 6S | KOMPAS TEKNO

Apple iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

KOMPAS.com – Apple pertama kali menyematkan teknologi Force Touch pada Macbook generasi terbarunya dan sudah diadaptasi ke Watch. Selanjutnya, menurut sumber yang dekat dengan rencana tersebut, mereka juga menerapkan teknologi serupa di iPhone 6S

Ponsel yang dimaksud sebenarnya masih belum meluncur, namun sumber itu mengklaim telah merasakan dengan tangannya sendiri. Dia juga menyebutkan bahwa Force Touch versi iOS tersebut diberi kode nama Orb.

Seperti dilansir KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (11/8/2015), jika benar demikian, teknologi tersebut bermanfaat untuk menjadi pemintas baru. Pengguna jadi tidak perlu menekan tombol atau membuka daftar berisi perintah-perintah tertentu.

Misalnya, saat membuka aplikasi Maps, pengguna cukup menekan agak keras pada daerah tujuan agar aplikasi tersebut mengeluarkan panduan jalan menuju ke sana.

Pada aplikasi Music, pengguna bisa menekan layar dengan agak keras untuk memunculkan menu terkait lagu yang dipilih. Fungsinya jadi mirip dengan tombol klik kanan pada mouse.

Sumber juga menyebutkan bahwa pengguna bisa membuat shortcut aplikasi hanya dengan cara memberikan sentuhan ringan pada ikon aplikasi di Home Screen. Shortcut pun bisa diatur untuk membuka bagian spesifik dari aplikasi tersebut.

Sebelumnya, rumor yang beredar menyebutkan iPhone 6S akan diluncurkan pada 9 September 2015. Jika benar-benar meluncur nanti, bentuknya akan sama dengan iPhone 6 tapi selain memiliki Force Touch, juga akan dibekali dengan peningkatan spesifikasi hardware.



About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar