Terusik Chrome OS, Microsoft Siapkan Windows 10 Cloud

Jakarta – Tak bisa dipungkiri kalau Chrome OS sedikit demi sedikit telah menggerus pangsa pasar OS Windows. Microsoft pun tak tinggal diam, disiapkan Windows 10 Cloud.

Sesuai nama yang diusung, Windows 10 Cloud tampaknya akan menyodorkan kelebihan yang sama seperti Chrome OS. Di sistem operasi bikinan Google tersebut, hampir semua aplikasi tersimpan di cloud, semisal email, pengolah dokumen, dan yang lainnya.

Seperti dilansir The Verge, Rabu (1/2/2017), Windows 10 Cloud sejatinya adalah Windows 10 yang dibuat sesederhana mungkin. Namun Microsoft memungkinkan Windows 10 Cloud untuk menjalankan aplikasi Universal dari Windows Store.

Sebagai informasi, aplikasi Universal adalah aplikasi yang sengaja dibuat Microsoft agar bisa berjalan di berbagai platform Windows 10, baik di desktop, laptop, tablet maupun ponsel. Ada beberapa aplikasi bikinan Microsoft yang masuk kategori Universal, salah satunya adalah pengolah dokumen, Office.

Dengan kelebihan tersebut, Windows 10 Cloud diharapkan bisa menjadi tandingan Chrome OS. Selain itu Microsoft juga berharap produsen laptop bisa memanfaatkan Windows 10 Cloud untuk menghadirkan perangkat yang jauh lebih murah.

Belum jelas kapan Windows 10 Cloud akan diperkenalkan Microsoft ke publik, tapi kabar yang beredar menyebut kalau bulan April mungkin akan jadi waktu peluncurannya.

Microsoft juga pernah mengatakan punya rencana membuat aplikasi Windows agar mendukung prosesor ARM. Windows 10 Cloud pun disebut-sebut bisa menjadi salah satu cara Microsoft untuk mewujudkan hal tersebut.

(yud/yud)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar