Tim Cook Kuak Lagi Minat Apple pada Teknologi Augmented Reality

Tim Cook

CEO Apple Tim Cook kembali menyampaikan pendapatnya mengenai teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yang kabarnya sedang dikembangkan perusahaannya saat ini.

Berbicara kepada Buzzfeed, Cook mengatakan bahwa tidak ada yang bisa menggantikan hubungan manusia. Oleh karena itu, orang-orang memerlukan teknologi untuk mendorongnya.

“There’s no substitute for human contact,” Cook told BuzzFeed News. “And so you want the technology to encourage that.”

Cook sendiri memberikan penjelasan bahwa Apple lebih tertarik dengan teknologi AR ketimbang VR. Dia beralasan, teknologi AR dapat meningkatkan dan memperkuat pengalaman manusia.

Dalam event laporan keuangan kuartal kedua lalu, Cook pernah mengatakan perusahaannya sudah lama mengembangkan teknologi ini karena berpotensi menjadi besar untuk jangka panjang–sepertinya halnya game Pokémon yang fenomenal itu.

Cook menjelaskan ada beberapa aplikasi VR yang menarik, namun Cook mengatakan teknologi ini tidak akan seluas AR meskipun perlu yang cukup lama menyempurnakannya. Teknologi AR dikatakannya hadir untuk memperkuat hubungan manusia bukan untuk menjadi penghalangnya.

“VR, I think, has some interesting applications, but I don’t think it’s a broad-based technology like AR,” Cook explained. “Augmented reality will take some time to get right, but I do think that it’s profound. We might … have a more productive conversation, if both of us have an AR experience standing here, right? And so I think that things like these are better when they’re incorporated without becoming a barrier to our talking. … You want the technology to amplify it, not to be a barrier.”



Ketertarikan Apple dalam teknologi AR memang sudah terlihat jelas menyusul akuisisinya terhadap banyak perusahaan yang dalam bergerak dalam bidang ini. Apalagi, mereka kabarnya gencar mengadakan banyak pertemuan dengan perusahaan VR, salah satunya adalah Jaunt.






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar