Tim Pengembang Panic Jadi Korban HandBrake Malware

Masih ingat berita HanBrake Malware yang masuk dan menyusup ke aplikasi konversi video ini beberapa waktu lalu? Kabarnya tim pengembang Panic Inc menjadi salah satu korbannya. Ya, pengambang di balik sederetan aplikasi ternama seperti Coda, Transmit, Prompt dan Firewatch ini mengalami kecurian source code dari aplikasi mereka.

Long story short, somebody, somewhere, now has quite a bit of source code to several of our apps.

Masih dari sumber catatan yang ditulis tim Panic, semua data pengguna seperti kartu kredit atau informasi lainnya dipastikan tetap aman. Ya, ini karena mereka tidak menyimpan data pribadi dari para pengguna aplikasinya di dalam komputer tersebut namun di tempat khusus dan tentunya dalam mode enkripsi yang sangat aman.

Karena yang dicuri adalah source code alias kode program aplikasi, ada beberapa kemungkinan buruk yang dapat terjadi. Mulai dari pembajakan aplikasi – dibuat ulang dan dibagikan gratis lalu disusupi dengan malware jahat. Atau menjual teknologi yang disimpan oleh tim Panic kepada para pesaing mereka untuk ditiru, serta beragam kemungkinan buruk lainnya.



Tim pengembang Panic juga mendapatkan ancaman dari para peretasnya. Yaitu berupa email dengan lampiran dokumen yang berisi barisan kode buatan mereka sebagai bukti. Bahkan peretas ini meminta tebusan yang sangat mahal – BitCoin dengan nominal yang sangat besar. Untungnya tim pengembang Panic tidak menuruti hal tersebut, mereka langsung menghubungi Apple dan FBI.

And more importantly, the right people at Apple are now standing by to quickly shut down any stolen/malware-infested versions of our apps that we may discover.

Tim Apple langsung mengecek akun Developer ID milik Panic dan melakukan pemindaian terhadap beragam aplikasi mereka di Mac App Store. Mereka juga langsung mencari dan mematikan beragam tautan aplikasi dari tim Panic yang diduga telah disusupi oleh Malware tersebut. Sedangkan FBI masih dalam proses investigasi dan tidak bisa menceritakan detail apapun mengenai hal ini.

Sebagai penutup, tim Panic juga memastikan agar para pengguna aplikasinya hanya mengunduh Coda, Transmit, Prompt dan Firewatch dari Mac App Store. Jika kamu menemukan aplikasi mereka dalam versi bajakan atau ada tautan mencurigakan yang dibagikan oleh siapa saja mengenai aplikasi buatan Panic, silahkan laporkan langsung ke alamat yang diberikan pada laman sumber berita ini.






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar