Tiongkok punya 200 toko aplikasi Android

Tiongkok punya 200 toko aplikasi Android

Ilustrasi (Antaranews/Grafis)
Jakarta (ANTARA News) – Tiongkok, sebagai salah satu negara dengan pengguna Android terbesar di dunia, memiliki lebih dari 200 toko aplikasi (app stores) untuk sistem operasi berlogo robot hijau itu.

Laman Phone Arena, Senin, menyebutkan bahwa hal ini membuat toko aplikasi buatan Google, Google Play, sulit untuk mendistribusikan aplikasi dan permainan di pasar Tiongkok.

Tiga toko aplikasi teratas di negara itu adalah 360 Mobile Assistant, Myapp dan Baidu Mobile Assistant.

Dikembangkan oleh Quihoo Software, 360 MA melayani setidaknya 400 juta pengguna. Sementara Myapp yang diciptakan oleh Tencent sebagai pembuat aplikasi WeChat, meraup 110 juta unduhan per hari.

Sedangkan Baidu sebagai toko aplikasi besutan raksasa mesin pencari di Tiongkok, mempublikasikan dua dari 10 aplikasi terbanyak diunduh pada 2014.

Saat Google merencanakan strategi membuat layanannya hadir di tempat dinamis dan hidup tersebut, App Store milik Apple masih menjadi satu-satunya sumber unduhan bagi pengguna produk Apple di Tiongkok.

Sebuah kabar terbaru menyebutkan, para pecinta permainan di Tiongkok cenderung memasang permainan baru setiah tiga hari atau lebih, yang berarti mereka tidak “terjebak” dalam game semacam Clash Of Clans atau Candy Crush.

Selain itu, jumlah instalasi permainan terbanyak terjadi pada akhir pekan, sedangkan yang paling sedikit pada hari Selasa.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2015

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar