Tips Merapikan Menu Bar di macOS

Menu Bar adalah deretan ikon dan informasi yang ada di bagian kanan atas pada tampilan macOS. Beragam layanan bawaan seperti informasi waktu, baterai, Wi-Fi, Bluetooh dan Search serta Siri di macOS Sierra dapat kamu akses di bagian ini. Beragam pengembang aplikasi pihak ketiga juga sering menambahkan dukungan untuk akses Menu Bar – disini biasanya mulai muncul masalah.

Yaitu tampilan yang tidak rapi karena deretan ikon di Menu Bar yang berbaris sangat panjang. Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk merapikan atau mungkin menghapus Menu Bar secara cepat. Berikut ini daftarnya:

Tips Merapikan Menu Bar di macOS

1. Dari Fitur Bawaan, Matikan yang Tidak Perlu

Masuk ke System Preferences dan akses beberapa bagian fitur yang dapat dikelola lewat tombol cepat di Menu Bar. Jika memang kamu tidak memerlukan layannan tersebut setiap saat, sebaiknya lepas saja dari Menu Bar. Contoh yang tidak saya aktifkan di Menu Bar adalah Time Machine, Siri di macOS Sierra, Audio Output dan juga Bluetooth.

2. Merapikan Urutan Ikon di Menu Bar

Urutan Menu Bar di macOS dimulai dari sebelah kanan yaitu untuk semua aplikasi dan fitur bawaan, baru ke aplikasi pihak ketiga yang dapat kamu akses. Apple sebetulnya punya cara rahasia untuk mengubah urutan dari daftar Menu Bar bawaan di macOS. Yaitu dengan cara tahan tombol Command dan klik kiri mouse di salah satu ikon Menu Bar lalu geser ke kanan atau kiri. Untuk menghapusnya dari Menu Bar, tinggal buang jauh keluar dari barisan ini dan otomatis hilang.

Sebagai catatan, untuk pengguna komputer Mac sebelum macOS Sierra, proses drag and drop deretan ikon di Menu Bar dari aplikasi bawaan dapat bercampur dengan urutan aplikasi pihak ketiga ya. Misalkan kamu ingin menempatkan ikon baterai di sisi paling kiri atau contoh lainnya.



3. Gunakan Aplikasi Bartender 2

Jika kamu ingin lebih serius lagi dalam mengelola Menu Bar, silahkan instal Bartender 2 ya! Aplikasi ini dibuat khusus untuk mengelola Menu Bar dengan lebih rapi berkat beragam fitur yang tidak dibuat oleh Apple. Mulai dari menyembunyikan semua aplikasi yang memiliki akses Menu Bar di dalam ikon Bartender, shortcut dengan keyboard, mode pencarian dan beragam hal lainnya. Bartender 2 tersedia sebagai aplikasi berbayar dengan harga sekitar 200 ribu Rupiah tetapi kamu dapat mencobanya secara gratis selama 4 minggu pertama.

Download Bartender 2

Punya Tips Lain?

Dari beragam tips di atas, apa saja yang sudah pernah kamu coba? Atau kamu punya tips lain untuk merapikan Menu Bar di komputer Mac? Bagikan di kolom komentar atau tweet ke @MakeMac ya!


Gambar






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar