TKDN 40 persen ponsel 4G harus dipatuhi semua produsen

TKDN 40 persen ponsel 4G harus dipatuhi semua produsen

Pakar telekomunikasi sekaligus bekas Direktur Utama XL Axiata, Hasnul Suhaimi (dua kanan), bersama Direktur Penjualan Advan Chandra Tansri (dua kiri) dalam konfrensi pers di Jakarta, Selasa. (ANTARA News/Alviansyah Pasaribu)
Jakarta (ANTARA News) – Pakar telekomunikasi juga mantan Direktur Utama XL Axiata, Hasnul Suhaimi, mengatakan kebijakan tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN) semua ponsel 4G yang masuk ke Indonesia mulai Januari 2017 sangat baik untuk industri komponen lokal sehingga perlu dipatuhi semua produsen.

“Jika 40 persen terlalu tinggi, mungkin harus ditinjau kembali. Namun jika angka optimalnya sudah ditentukan, semua pihak harus ikut,” kata Hasnul Suhaimi usai menghadiri konferensi pers bersama brand lokal Advan di Jakarta, Selasa.

Hasnul menambahkan jika produsen ponsel merasa keberatan dengan aturan TKDN 40 persen, maka lebih baik menggelar diskusi kembali dengan pemerintah agar bisa dicari jalan keluar.

“Kalau terlalu berat dibahas sama pelaku industrinya. Tidak mendengarkan satu merek, jangan takut sama brand. Ini niat baik yang harus bisa dicapai,” kata dia.

Lebih lanjut, Hasnul berharap produsen yang keberatan agar memahami bahwa aturan TKDN 40 persen sangat bermanfaat untuk industri lokal dalam negeri.

“Yang teriak-teriak diamkan saja. Karena ini niat pemerintah untuk menghidupkan industri komponen dalam negeri, jadi kalau ada yang protes, itu karena berlebihan atau memang tidak mau ikut?” ujar dia.

Sebelumnya, brand ponsel lokal Advan menggaet Hasnul Suhaimi untuk menggarap produk ponsel terbaru yang sesuai dengan keinginan pasar Indonesia.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2016

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply