Toilet di Jepang Sediakan Tisu Khusus Pembersih Layar Ponsel

KOMPAS.com – Jepang memang telah lama memiliki reputasi sebagai negara yang sangat menjaga kebersihan. Saking bersihnya, bahkan kini toilet umum tertentu di Negeri Sakura itu pun dilengkapi dengan tisu pembersih ponsel.

Tisu pembersih ponsel tersebut baru saja dipasang oleh perusahaan telekomunikasi Jepang, NTT Docoma pada bulan Desember ini. Anda dapat menemukannya saat masuk ke toilet-toilet di aula kedatangan bandara Narita. Total ada 86 bilik toilet yang dilengkapi dengan tisu khusus ini.

Rencananya, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Guardian, Minggu (25/12/2016), tisu pembersih ponsel ini akan terus disediakan di toilet bandara Narita hingga Maret 2017.

Pemasangan tisu khusus itu bukan tanpa alasan. Selama ini sudah cukup banyak riset yang menunjukkan bahwa layar ponsel sangat kotor, bahkan mengandung lebih banyak bakteri dibandingkan dudukan toilet.

Baca: Google Maps Bisa Tunjukkan Letak Toilet Terdekat dan Terbersih

Selama ini toilet umum di Jepang dirawat dan diperlakukan dengan serius. Bahkan para turis yang berkunjung pun banyak yang terkesan dengan kebersihannya.

Toilet-toilet umum yang ada di ruang publik Jepang pun rata-rata dilengkapi dengan teknologi canggih, hingga kadang terasa agak nyeleneh.

Misalnya, Anda akan menemukan toilet dengan dudukan yang dipasangi penghangat, dapat mengalirkan air dan udara hangat, otomatis terbuka saat ada orang masuk ke bilik, atau ada juga yang bisa mengalunkan musik.

Beberapa toilet wanita bahkan dilengkapi dengan alat bernama Sound Princess. Ini merupakan gadget yang berfungsi mengeluarkan imitasi suara flush, untuk menutupi berbagai bunyi saat penggunanya sedang menuntaskan “panggilan alam”.

Hal yang paling baru, toilet di Negeri Sakura itu bahkan sudah dilengkapi dengan deodoran. Tujuannya agar pengguna bisa dengan cepat menghilangkan bau tidak sedap yang ada di dalam bilik.

Jadi jika Anda akan berkunjung ke Jepang dan mendarat di bandara Narita dalam waktu dekat, pakailah toilet umum di sana. Anda mungkin masih sempat mendapatkan pengalaman unik yang cuma bisa ditemukan di Jepang.

Baca: Mark Zuckerberg Menemukan Jodoh di Toilet

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar