Tolak Buka Enkripsi iPhone, Donald Trump Boikot Apple | Tempo Teknologi

Sabtu, 20 Februari 2016 | 09:52 WIB


Tolak Buka Enkripsi iPhone, Donald Trump Boikot Apple  

Kandidat presiden dari Partai Republik, Donald Trump (kiri) dan Ted Cruz. REUTERS/Randall Hill

TEMPO.COJakarta – Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, menyerukan pemboikotan terhadap perusahaan raksasa teknologi Apple agar mau membantu FBI membuka kunci iPhone milik pelaku penembakan di San Bernardino, California. “Boikot Apple sampai mereka mau memberikan informasi tersebut,” kata Trump.

BBC melansir pada Sabtu, 20 Februari 2016, Apple menolak perintah Departemen Kehakiman (DoJ) untuk memecahkan enkripsi pada ponsel tersebut. Penolakan Apple disebut-sebut sebagai strategi pemasaran.

Apple menyatakan penolakannya dengan alasan melindungi data dan privasi pengguna. Mereka diminta membuka ponsel milik salah satu dari dua orang pelaku penembakan di San Bernardino yang menewaskan 14 orang.

Dalam sebuah surat kepada pelanggan yang dirilis pada situs Apple, Chief Executive Officer Apple Tim Cook mengatakan, “Sementara kami percaya niat FBI itu baik, tapi akan salah bagi pemerintah untuk memaksa kami membangun backdoor dalam produk kami. Kami takut permintaan ini akan merusak kebebasan pemerintah yang bermaksud melindungi warga,” ujarnya.

BBC | FRISKI RIANA

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply