Trafik Data Indosat Meningkat 19% Selama Natal 2016

Trafik Data Indosat Meningkat 19% Selama Natal 2016Foto: Ari Saputra
Jakarta – Trafik data Indosat Ooredoo mengalami peningkatan sepanjang libur Natal 2016. Angka kenaikannya pun cukup tinggi, yakni mencapai 19,14%.

Pihak Indosat melihat penggunaan media sosial dan pengiriman pesan melalui aplikasi punya pengaruh pada lonjakan penggunaan data secara umum. Mereka mencatat trafik data selama Natal mencapai 2.232,04 terabyte per hari.

Tapi meski penggunaan data sangat tinggi, banyak pelanggan Indosat masih menggunakan layanan voice. Ini terlihat dari peningkatan trafik voice nasional.

“Trafik voice meningkat menjadi sekitar 384,78 juta menit. Ini naik 0,28% dibandingkan hari biasa,” jelas Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Selasa (27/12/2016).

Adapun daerah yang mengalami peningkatan tertinggi traffic voice yakni di area wilayah Sumatera Utara (7,70%), Sumatera Selatan (5,81%) dan Jawa Timur (2,60%).

Kondisi berbeda terjadi pada trafik SMS yang mengalami penurunan. Selama Natal hanya ada 544,86 juta SMS yang dikirimkan pelanggan. Angka tersebut turun 1,44% dibandingkan trafik SMS reguler hari biasa.

Sementara keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat Ooredoo mencapai lebih dari 92,91%. Di sisi lain, tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 90,73%.

Menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2016, Indosat Ooredoo memang telah mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringannya. Mereka telah meningkatkan kapasitas layanan yang meliputi suara, SMS dan Data.

Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 2,244 Juta menit/hari (37,4 juta Erlang/hari), kapasitas layanan SMS ditingkatkan menjadi 1,892 miliar SMS/hari, dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 6,890 Terabyte/hari.

Kesiapan ini juga didukung oleh i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center), fasilitas monitoring & pengendalian jaringan secara terpadu baik untuk layanan seluler (mobile) maupun layanan Enterprise Corporate (Fixed MIDI), Indosat Ooredoo Business, termasuk yang disediakan oleh anak perusahaan Indosat Ooredoo seperti Lintasarta dan IM2.

i-NOC sendiri berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.
(afr/yud)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar