Trio iPhone Baru Lulus Sertifikat TKDN, Kapan Dijual di Indonesia?

Apakah kamu termasuk pengguna produk Apple di Indonesia yang sudah menantikan kehadiran trio iPhoen baru: iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr untuk tersedia resmi di tanah air? Kabar gembira, ketiga produk ini sudah terpampang di laman Kemenperin TKDN. Artinya, produk ini sudah mengantongi sertifikasi TKDN untuk dapat segera dijual di Indonesia.

Catatan lainnya juga dapat kamu temukan di laman POSTEL pada bagian e-Sertifikasi. Yaitu untuk perangkat Apple Watch Series 4 sudah masuk dalam daftar Sertifikat Berlaku yang akan kadaluarsa pada tangga 27 September 2021. Sayangnya tim MakeMac belum menemukan catatan yang sama untuk perangkat iPhone di laman tersebut.



Kembali pada bocoran informasi yang tim MakeMac dapatkan sebelumnya. Perangkat iPhone Xs dan iPhone Xs Max kabarnya akan resmi dijual di Indonesia pada akhir tahun 2018. Tepatnya di bulan Desember, namun belum ada estimasi tanggal yang akan diberikan.

TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) adalah peraturan dari pemerintah Indonesia untuk setiap produk elektronik yang menggunakan koneksi LTE. Sesuai namanya, produk tersebut harus menggunakan komponen buatan dalam negeri Indonesia sejumlah 30% agar mendapatkan ijin untuk dijual.

Namun Apple tidak bisa melakukan hal tersebut, karena kerjasama mereka dengan pabrikan di Tiongkok dalam jangka panjang. Sehingga setelah melakukan beberapa kali perundingan dengan pihak Indonesia, Apple menggunakan cara yang sama untuk menembus pasaran India. Yaitu membuat pusat R & D (Research and Development) di Indonesia, bekerjasama dengan BINUS University dengan nama Apple Developer Academy.

Apple Developer Academy terletak di BSD City, tepatnya ada di gedung perkantoran Green Office Park 9, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia. Fokus R&D Apple di Indonesia adalah pengembangan manusia, salah satunya adalah mencetak pelajar berprestasi dalam membuat aplikasi di App Store. Mulai dari pencarian ide aplikasi, coding, promosi aplikasi dan lain sebagainya.




Sumber : Makemac.com

About The Author

Related posts

Leave a Reply