Tutorial Lengkap Apple Music di iOS 9

Semenjak kehadiran iOS 8.4 beberapa minggu lalu, Apple resmi merilis Apple Music sebagai layanan music streaming ekstra lengkap. Kamu dapat menikmati konten musik, video, radio dan interaksi dengan artis idola via Connect. Nah jika review Apple Music di komputer Mac sudah saya hadirkan, kini giliran review Apple Music di iOS 9. Yuk kita ulas beragam pengetahuan dasar dan cara penggunaan Apple Music di perangkat iOS.

Bagaimana Cara Menikmati Apple Music?

Pertama tentu saja kamu harus menggunakan perangkat iOS (iPhone, iPad dan iPod Touch) dengan sistem operasi minimal iOS 8.4 atau iOS 9 Public Beta 2 atau iOS 9 Developer Beta 3. Apakah Apple Music hadir sebagai aplikasi terpisah? Tentu saja tidak, Apple Music hadir di dalam aplikasi Music yang mengusung ikon baru – latar belakang putih.

Setelah memastikan perangkat kamu menggunakan iOS yang mendukung, login di App Store atau iTunes Store dengan Apple ID. Pastikan kamu memiliki saldo minimal 69 ribu Rupiah atau sistem pembayaran kartu kredit untuk dapat mencoba Apple Music selama 3 bulan percobaan.

Hal ini digunakan Apple sebagai syarat utama untuk mencoba masa gratis Apple Music – nantinya saldo tersebut baru dipotong pada bulan keempat ketika masa coba gratis ini selesai. Bisa dibilang bagian ini cukup unik, tidak seperti layanan streaming music lain. Sepertinya Apple sengaja melakukan hal tersebut untuk menyaring mana pengguna yang benar-benar ingin menikmati layanan tersebut – cukup dengan “modal” 69 ribu Rupiah di awal.


Baca Juga:

Tampilan Awal Apple Music

Di bagian awal kamu akan mendapatkan tampilan Tell us what you like, yaitu serangkaian lingkaran berisi jenis musik yang kamu sukai. Jika sudah selesai, tekan Next untuk memilih nama artisnya – agar algoritma Apple Music dapat bekerja lebih detail. Akhiri bagian ini dengan menekan Done.

Masuk ke tampilan utama, ada 5 tombol yang dapat kamu akses di bagian bawah. Dari kiri ke kanan yaitu For You, New, Radio, Connect, dan terakhir My Music.

For You adalah deretan lagu dan playlist pilihan yang diberikan oleh Apple, berdasarkan jenis musik dan artis yang kamu pilih di awal. Deretan atas berbentuk Playlist alias beberapa lagu dengan tema yang sama dari sekumpulan artis. Scroll agak ke bawah dan kamu akan menemui album yang direkomendasikan, lalu kembai ke Playlist lagi.

New berisi informasi musik terbaru yang dirilis di Apple Music. Ditandai dengan list Hot Tracks, New Music, Top Songs dan beragam hal lainnya. Untuk kamu yang senang mendengarkan lagu-lagu yang sedang ngetop atau baru rilis, bagian ini dapat menjadi rujukan utama deh!

Radio berisi salah satu fitur baru di Apple Music yaitu Radio Beats 1 dengan siaran 24 jam non-stop selama 7 hari setiap minggunya. Kamu dapat melihat jadwal siaran radio Beats 1 di laman Tumblr Apple Music ya!

Connect adalah tempat kamu berinteraksi dengan para musisi favorit. Mereka bisa membagikan konten foto atau video ekslusif seputar rekaman yang dilakukan, kegiatan sehari-hari atau hal lainnya. Sebagai penggemar, kamu bisa memberikan komentar, tanda Like atau membagikan catatan tersebut.

My Music adalah bagian terpenting di Apple Music. Bisa dibilang ini adalah Music Library dengan gaya baru alias mendukung iCloud Music Library. Pengguna dapat melihat daftar musik yang sudah disinkronisasi ke iCloud Music Library dari komputer Mac, daftar lagu dari Apple Music yang sudah ditandai atau diunduh untuk diputar secara offline atau hal lainnya.

iCloud Music Library?

Oke, masih banyak yang bingung mengenai fitur ini dan ketakutan untuk mencobanya. Layanan iCloud Music Library adalah online library yang akan menyimpan data musik kamu dengan basis akun iCloud.

Ambil contoh kamu menggunakan sebuah perangkat MacBook Air dan mengaktifkan iCloud Music Library di langganan Apple Music. Apple akan memindai data musik yang ada disana lalu melakukan komparasi terhadap data yang ada di iTunes. Jika ditemukan data yang sama, kamu dapat segera menikmati konten tersebut di perangkat lain – yang terhubung dalam iCloud Music Library. Misalkan iPhone 6 atau perangkat iPad kamu.

Lantas bagaimana jika tidak ada, misalkan lagu dari CD musik artis Indonesia yang tidak dijual di iTunes? Konten tadi akan diunggah dari iTunes di komputer kamu ke server Apple, baru dapat dinikmati pada perangkat kamu yang lainnya. Penjelasan lengkapnya silahkan buka laman Apple Music bagian iCloud.

Cara Menggunakan Fitur My Music

Masih bingung untuk menikmati lagu-lagu yang ada di bagian For You atau New dengan mudah? Berikut ini saya beri contohnya.

Mulai dari tombol New, coba cari nama artis favorit kamu di bagian ini. Tekan ikon kaca pembesar di kanan atas lalu ketikkan nama artis atau judul lagunya. Pastikan tombol dibawahnya mengarah pada pilihan Apple Music ya! Ada beberapa hasil pencarian pastinya, silahkan pilih yang sesuai lalu tekan.

Masuk ke tampilan utama artis tersebut, ada list tampilan yang dapat kamu pilih. Mulai dari lagu favorit dan album favorit, daftar lengkap album dan beragam hal lainnya. Tekan ikon di 3 titik horisontal di samping kanan list tersebut untuk menambahkannya ke daftar My Music, masuk ke Playlist atau unduh dan dengarkan tanpa koneksi internet (offline),

Sebagai catatan, lagu yang masuk ke daftar My Music bukan berarti sudah diunduh untuk offline ya. Namun sebaliknya, lagu yang sudah kamu unduh secara offline, pastinya sudah masuk daftar My Music.


Baca Juga:

Cara Melihat Lagu yang Sudah Diunduh?

Bagaimana cara melihat hanya musik yang sudah diunduh alias kategori offline saja yang ada di bagian My Music? Silahkan masuk ke bagian My Music, tekan teks merah di bagian tengah (di gambar saya adalah Album) untuk menunjukkan mode tampilan lain. Scroll agak ke bawah dan aktifkan tombol Music Available Offline.

Dengan begitu kamu hanya akan melihat lagu yang sudah diunduh saja dan memutarnya tanpa menggunakan koneksi internet. Mudah bukan?

Manfaatkan Mini Player

Sudah mulai memutar lagu favorit kamu dengan Apple Music? Coba lihat, di atas barisan 5 ikon paling bawah, ada info mengenai lagu yang sedang diputar kan? Bagian ini bernama Mini Player, ada 3 bagian yang dapat kamu tekan – kiri, tengah dan ikon 3 titik di bagian kanan.

Bagian kiri adalah tombol Play/Pause, tekan bagian tengah (bisa juga swipe ke atas) untuk mengubah Mini Player menjadi tampilan fullscreen. Lalu bagian kanan untuk akses cepat memasukkan ke Playlist, cek di iTunes Store atau menambahkan lagu tadi ke My Music.

Kembali ke tampilan Fullscreen, ada banyak tombol yang bisa kamu akses loh! Mulai dari memberikan tanda Like, memutar lagu sebelum atau sesudahnya, menampilkan daftar lagu berikutnya atau menggunakan mode shuffle.

Cobain Radio & Connect!

Beats 1 sebetulnya sama dengan stasiun radio yang biasa kamu dengarkan, ada musik pilihan dan terkadang suara para penyiarnya. Nah jika kamu ingin memasukkan lagu yang sedang diputar di Beats 1 ke daftar My Music, silahkan lakukan langkah berikut.

Masuk ke bagian Radio, tekan Listen Now pada Beats 1. Setelah itu aktifkan Mini Player dan tekan ikon 3 titik di bagian kanan bawah. Ada jendela tambahan seperti gambar di atas, tekan ikon + untuk memasukkan lagu ini ke My Music. Sebagai catatan, terkadang ada sesi Live Music di Beats 1 dan bagian ini tidak mendukung tutorial di atas ya.

Lanjut ke Connect, kamu dapat mencoba fitur ini jika sudah Follow beberapa artis ternama – tentunya yang gemar mengisi laman Connect. Tampilannya sepintas mirip timeline Twitter dengan bentuk posting berupa gambar atau kadang video pendek. Penggemar bisa memberi tanda Like, meninggalkan komentar atau menekan ikon Share Extension yang ada di kanan bawah.

Masih Bingung dengan Apple Music ?

Sebagai catatan, artikel ini saya tulis menggunakan perangkat iOS 9 Developer Beta 4 ya. Jika ada beberapa fitur yang belum tersedia di perangkat kamu (Home Sharing misalkan) ini karena pengaruh sistem operasi yang digunakan – nantinya akan segera sama di pembaruan untuk publik. Fitur lainnya secara umum (For You, New, Radio, Connect) cenderung sama dan tidak ada perbedaan berarti.

Masih ada hal yang terlewat untuk saya bahas mengenai Apple Music di perangkat iOS ? Silahkan tinggalkan pendapat atau masukan di kolom komentar ya!


Gambar


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar