TV Canggih Samsung: Sodorkan QLED, Saingi OLED

Las Vegas – Samsung memperkenalkan televisi baru di perhelatan CES 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat. Mengusung sejumlah fitur baru, apa saja keunggulan TV canggih ini?

Ada dua televisi yang dibawa Samsung ke pameran yang berlangsung di Las Vegas itu, yakni Q8 (layar lengkung) dan Q9 (layar datar). Keduanya punya ukuran 65 inch.

Daya tarik dari kedua televisi tersebut terletak pada teknologi layarnya. Bernama QLED, teknologi ini diklaim jauh lebih baik ketimbang OLED yang ada di kebanyakan televisi UHD di pasaran.

QLED sendiri merupakan kependekan dari Quantum Dot Light Emiting Diodes. Teknologi ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari teknologi Quantum Dot yang dihadirkan Samsung di jajaran televisinya tahun lalu.

“Ini akan mendefenisi ulang kateori televisi. Selain itu akan mengantar kita ke era baru televisi,” sesumbar Hyun Suk Kim, President of the Visual Display Business at Samsung Electronics di pameran CES 2017, seperti detikINET kutip laman resmi Samsung, Kamis (5/1/2017).

Teknologi QLED mampu mereproduksi 100% volume warna. Artinya dapat menampilkan semua warna pada setiap tingkat kecerahan antara 1.500 dan 2.000 nit. Misalnya, selembar daun akan ditampilkan dalam warna yang berbeda tergantung kecerahan cahaya.

Selain itu QLED mampu menghasilkan warna hitam yang lebih dalam dari sebelumnya. Alhasil saat menampilkan warna kulit atau kondisi di ruangan gelap akan jauh lebih baik lagi.

Selain sektor teknologi, Samsung melakukan peningkatan pada sisi desain. Mereka membuat televisi barunya mudah dipasang di tembok.

Pengguna pun tidak perlu khawatir dengan kabel yang bakal mengurangi keindahan interior ruangan. Samsung memberikan kabel optik yang nyaris kasat mata.

Walau telah mengungkap kecanggihan yang dimiliki televisi barunya, Samsung belum mengumumkan kapan Q8 dan Q9 akan dirilis ke pasaran. Mereka pun belum mengungkap harga yang bakal dibanderol di kedua televisi canggih ini. (afr/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar