Twitter Hapus 125 Ribu Akun ISIS

Twitter Hapus 125 Ribu Akun ISIS Foto: internet
Jakarta – Sejak terjadinya aksi teror di Paris, upaya untuk menghentikan aktivitas ISIS di dunia maya terus meningkat. Tak terkecuali Twitter, mereka mengaku telah menghapus atusanribuakunterkait gerakan radikal tersebut.

Dalam pengumuman resminya, Twitter telah menghapus sebanyak 125 ribu akun selama enam bulan terakhir. Akun-akun tersebut telah menyebarkan ancaman dan mengajak untuk mendukung gerakan ISIS.

“Seperti kebanyakan orang di seluruh dunia, kami takut dengan kekejaman yang dilakukan kelompok ekstemis. Kami mengutuk penggunaan Twitter untuk mempromosikan terorisme. Aturan Twitter cukup jelas bahwa segala bentuk prilaku ancaman kekerasa tidak diizinkan di layanan kami,” tulis Twitter dalam blog resminya seperti dikutip dari CBSNews, Sabtu (6/2/2016).

Twitter juga mengatakan pihaknya telah memperbesar jumlah tim yang secara aktif mencari akun terkait ISIS dengan menerapkan alogaritma anti-spam. Mereka pun menegaskan tidak ada ‘alogaritma ajaib’ untuk mengindetifikasi konten teroris.

Seperti diketahui, media sosial kerap digunakan oleh kelompok teroris untuk menyebarkan propaganda dan merekrut lebih banyak anggota. Laporan Brookings tahun lalu menyebutkan keberadaan ISIS di media sosial cukup banyak.

Di Twitter misalanya, mereka menemukan 90 ribu lebih akun terkait ISIS. Dan satu dari lima pendukung ISIS menggunakan bahasa Inggris sebagaibahasa utamanya.

Saat ini seluruh media sosial tengah berusaha membedung aktivitas ISIS. Segala upaya telah dilakukan agar konten yang terkait terorisme tidak dapat menyebar luas. Salah satunya seperti dilakukan oleh Twitter, yakni menutup akun-akunterkait ISIS.
(afr/afr)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply